Herlinda Nur

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace #seo #jenisseo #wabsite

Apa Itu SEO On-Page? Ini Pengertian & Komponennya!

2 tahun yang lalu - By Herlinda Nur

Apa Itu SEO On-Page?

Ini Pengertian & Komponennya!

SEO (Search Engine Optimization) pada dasarnya yaitu suatu upaya untuk mengoptimalkan halaman di situs web agar menjadi halaman pertama di pencarian Google. Terdapat 2 teknik SEO yang akan kita bahas yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Dalam artikel ini kita akan membahas SEO on-page terlebih dahulu, kita akan mencari tahu apa pengertian dan manfaat penggunaan SEO on-page dalam pengoptimalan website.

Pengertian dari SEO on-page adalah suatu strategi SEO yang bisa mempengaruhi peringkat pada mesin pencari. SEO on-page atau sering disebut on page-SEO ini ternyata membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan efek yang besar. Namum sebenarnya jika Anda ingin mengoptimalkan website, Anda harus melakukan optimalisasi dari faktor dalam. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan cara mengoptimalisasi konten yang ada di website Anda. Berikut komponen-komponen SEO on-page:

Headings

Judul merupakan hal yang penting dalam pembuatan konten. Kita pun harus menempatkan kata kunci pada setiap judul konten agar pencarian kata kunci di mesin pencari relevan dengan judul konten kita. Jadi, judul yang kita buat harus memuat kata kunci yang telah kita targetkan sebelumnya.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Website.

 

Dalam satu konten biasanya memiliki beberapa judul yang dapat terbagi menjadi judul 1 (H1), judul 2 (H2), dan seterusnya. Dan di dalamnya pun akan terdapat sub judul yang terbagi menjadi sub judul 1 (H1), sub judul 2 (H2), dan seterusnya. Judul yang baik harus memuat ringkasan dari isi konten, unik, dan menarik sehingga dapat membuat orang ingin melakukan tindakan untuk mengunjungi website Anda.

Struktur URL

URL (Uniform Resource Locator) merupakan hal yang harus diperhatikan. Karena jika penamaan URL tidak mudah untuk dibaca dan mempersulit pengguna maka website Anda akan sulit berada di halaman pertama mesin pencari. Maka dari itu URL sebaiknya mengandung kata kunci. Sehingga akan mempermudah mesin pencari mengenal dan mengetahui website Anda.

Alt Text untuk Gambar

Dengan menambahkan alt text terhadap semua gambar yang ada pada konten. Hal ini Anda lakukan agar dapat membantu pembaca tunantera mengetahui maksud dari gambar yang Anda tampilkan. Alt text juga dapat membuat Google melihat website Anda sebagai website yang relevan dan cocok untuk berada di halaman pertama mesin pencari.

Page Speed

Jika website Anda memiliki page speed yang optimal maka website Anda akan berpeluang lebih besar untuk berada di halaman pertama pencarian mesin pencari. Karena jika Anda memiliki page speed yang rendah akan membuat pengunjung untuk mencari website lain yang memiliki page speed lebih tinggi.

Internal link

Internal link merupakan link yang ditautkan pada konten secara internal dengan halaman lain yang masih dalam satu situs yang sama. Anda dapat menyisipkan beberapa internal link di konten Anda sehingga pengunjung dapat berkunjung berulang kali ke halaman website Anda. Yang nantinya dapat meningkatkan traffic website Anda sehingga bisa meningkatkan peringkat situs Anda pada halaman mesin pencari.

Sekian penjelasan mengenai pengertian SEO on-page beserta komponen-komponennya yang harus Anda ketahui. Untuk penjelasan lengkapnya, Anda bisa bergabung dengan kelas Digital Marketing yang bisa Anda klik di sini.

Hubungi Kami