Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Apa yang Dimaksud dengan Hosting? Pengertian dan Manfaatnya

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Anda mungkin sedang berencana untuk membangun sebuah website dan mencari caranya di internet, namun Anda malah di minta untuk membeli hosting dan juga domainnya. Lantas, Apa yang dimaksud dengan hosting? Jadi, bila kita mengibaratkannya, web hosting adalah tanah atau lahan sebagai tempat untuk membangun rumah (website). Lahan ini untuk menyimpan seluruh resource yang Anda perlukan sehingga orang lain dapat mengunjungi website Anda.

Web hosting merupakan hal yang sangat Anda perlukan ketika membangun sebuah website. Jadi, Anda wajib mengetahui pengertian dan fungsi dari hosting. Tugas dari hosting ialah mengelola dan menjalankan server, mengamankan website, dan memastikan bahwa data seperti teks, foto, dan file website lainnya dapat pengunjung akses. Tidak lupa juga Anda perlu untuk memilih jenis web hostingnya yang cocok dengan website Anda.  

Cara Kerja Web Hosting

Tahapan cara kerja hosting adalah sebagai berikut:

  1. Server hosting akan menyimpan bermacam file yang website perlukan. Seperti: gambar, video, script, database website, dan lainnya;
  2. Nantinya pengunjung akan mengetikkan domain website Anda pada mesin penelusuran (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll);
  3. Mesin penelusur akan meminta server hostingnya mengirimkan file website yang di butuhkan ke mesin penelusur;
  4. Selanjutnya, pengunjung akan bisa mengakses website Anda secara online.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Hosting Gratis

Fungsi Web Hosting

1. Menyimpan Data Website

Anda dapat menyimpan dan mengelola data tersebut sehingga bisa menampilkannya pada halaman website. Sehingga semakin besar website yang ingin Anda buat, semakin besar juga kapasitas hosting yang Anda butuhkan.

2. Menjadikan Website Memiliki Performa Tinggi 

Beberapa penyedia layanan hosting berkualitas biasanya menyediakan beragam fitur unggulan supaya website Anda stabil dan tidak lemot. 

Seperti, bila server hostingnya memakai data center yang canggih contohnya data center berstandar tier-4. Kualitas dari data center tersebut tidak perlu Anda ragukan, karena mempunyai beberapa fitur canggih berikut:

  • Multiple Upstream : Memungkinkan server untuk memakai beberapa jaringan.
  • Dedicated Line : Fitur ini memiliki fungsi untuk menghindari gangguan jaringan. 
  • Power Outage : Dua pembangkit listrik, fungsinya untuk memastikan pasokan listrik tetap aman.

3. Melindungi Website dari Serangan Hacker 

Hosting yaitu pelindung utama dari keamanan website. Sebab kalau hostingnya rapuh, hacker dapat dengan mudah masuk pada sistem dan menguasai website Anda.

4. Membuat Email Lebih Profesional

Anda dapat membuat email dengan domain website Anda sendiri. Seperti info@campusdigital.id, menyesuaikan nama domain website ialah campusdigital.id. Email tersebut terlihat lebih profesional bila di banding dengan email Gmail atau Yahoo.

Demikian pengertian dan manfaatnya dari hosting. Jika Anda ingin belajar membuat website Anda sendiri dengan mudah, Yuk bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami