Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Aspek Studi Kelayakan Bisnis

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Study kelayakan bisnis adalah riset yang mempelajari secara mendalam terhadap suatu usaha ataupun bisnis untuk menentukan apakah bisnis tersebut layak atau tidak untuk dijalankan. Dalam memulai sebuah bisnis, penting kiranya untuk membuat studi kelayakan bisnis. Hal ini untuk menentukan apakah bisnis yang akan anda jalani layak untuk dijalani ataupun tidak Ada beberapa aspek yang dapat diteliti dalam melakukan studi kelayakan bisnis. Aspek-aspek berikut ini bersifat fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Adapun aspek studi kelayakan bisnis itu antara lain :

Aspek Hukum

Aspek hukum ini berkaitan erat dengan status legal bisnis yang akan kamu jalani. Baik berupa perijinan ( izin lokasi, izin usaha), pajak (NPWP) maupun ketentuan hukum lainnya yang berlaku. Hal ini agar bisnis yang dijalani tidak melanggar hukum yang berlaku, serta bisa dilindungi secara hukum bila terjadi suatu permasalahan lainnya.

Aspek Ekonomi Dan Budaya

Berkaitan dengan aspek ekonomi dan budaya untuk melihat seberapa besar dampak yang akan didapatkan masyarakat dari bisnis yang dijalani. Terkait dampak ekonomi yang diberikan apakah bisa meemberikan manfaat bagi pendapatan masyarakat sekitar, terutama akan kesejahteraan dan income yang didapatkan oleh mereka. Sedangkan dampak budaya yang didapatkan terkait dengan efek yang diberikan terhadap kebiasaan masyarakat setempat baik adat maupun budaya setempat.

Baca juga Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Aspek Pasar Dan Pemasaran

Aspek pasar dan pemasaran tidk dapat dipisahkan satu sama lainnya. Hal ini karena pasar sebagai target bisnis kita sedangkan pemasaran sendiri kegiatan untuk menciptakan atau mencari pasar. Kegiatan utama bisnis tentu saja bertujuan untuk menjual barang ataupun jasa dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Analisa dalam aspek ini meliputi penentuan segmen, target sampai posisi produk kita di pasar seperti apa. Selain itu juga untuk mengetahui potensi dari pelanggan yang bisa didapatkan dan menentukan stratego yang tepat dalam melakukan pemasaran.

Aspek Teknis Dan Teknologi

Aspek teknis dan teknologi berkaitan eran dengan proses pengoperasian maupun pelaksanaan secara teknis saat nanti bisnis akan anda jalankan. Selain itu juga menghitung secara detail penaksiran biaya yang dibutuhkan dari perencanaan sampai operasional bisnis yang akan dijalankan.

Aspek Manajemen

Manajemen yang baik maka akan berefek kepada kinerja bisnis anda dengan baik pula. Aspek manajemen ini digunakan untuk menganalisa manajemen seperti apa yang bisa diterapkan dalam bisnis yang akan dijalani, baik dari awal maupun saat operasional. Banyak kejadian bagaimana bisnis gagal karena lemahnya manajemen yang dibuat dari perusahaan tersebut.

Aspek Keuangan

Aspek keuangan digunakan untuk membuat perencanaan investasi keuangan bisnis anda terhadap pembiayaan bisnis yang akan anda jalani. Dengan menentukan rencana investasi keuangan ini melalui perhitungan biaya dan manfaat yang akan didapatkan, membandingkan pengeluaran dan pendapatan sampai kemampuan bisnis anda bisa mendapatkan kembali dana dan bisa berkembang atau tidak.

Ingin belajar mengenai digital marketing? Gabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami