Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #seoonpage

Bagaimana Cara Optimasi SEO On Page?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

cara optimasi SEO on page

Teknik Optimasi SEO On Page bisa sebetulnya tidaklah rumit. Kamu tinggal mengoptimalkan hal-hal teknisnya saja, seperti URL dan meta tag. Hal ini dapat membantu Google dan mesin pencari dalam membaca bahwa halaman kamu adalah hasil terbaik.

Berikut beberapa cara optimasi SEO On Page.

Sertakan Kata Kunci di dalam Judul

Memasukkan keyword ke dalam judul merupakan salah satu kunci dalam pengoptimalan SEO. Meskipun memang seringkali judul akan menjadi kurang menarik apabila mencantumkan kata kunci, tetapi kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan varian yang mirip.

Gunakan URL Singkat dan Deskriptif

Cara Seo On Page yang satu ini mengutamakan URL yang deskriptif dan singkat yang dapat membantu mesin pencari untuk memahami konten situs tersebut sebelum mengklik. Misalnya, lihatlah dua URL berikut:

https://www.exabytes.co.id/blog/13033004

Menurut kalian, manakah yang lebih jelas dalam mendeskripsikan konten artikel? Tentu yang kedua bukan? Kejelasan URL dapat memberi tahu kamu tentang apa halaman itu, sehingga memperbesar potensi untuk pengunjung untuk mengklik.

Mengoptimalkan Title Tag

Tag judul atau title tag adalah sebuah tag HTML yang memberikan informasi mengenai topik utama suatu situs.

Tag judul yang tidak tertulis, plagiat, dan buruk dapat memberikan dampak yang buruk pada hasil SEO. Jadi, pastikan kamu mengoptimalkan elemen ini dengan benar.

Meta Deskripsi Menarik untuk SEO On Page yang Optimal

Walaupun Google mengatakan bahwa meta deskripsi tidak berpengaruh dalam penentuan peringkat, tapi tetap tidak ada salahnya bagi kamu untuk tetap mengoptimalkannya. Hal ini dikarenakan meta deskripsi akan muncul pada SERP, di mana akan membantu meningkatkan Click Through Rate (CTR), persepsi kualitas hasil pada SERP, dan persepsi tentang penawaran dari situs web.

Baca Juga: 3 Kiat Sukses Menerapkan Teknik SEO

Kamu bisa menggunakan beberapa tips berikut ini untuk menulis deskripsi yang menarik dengan cepat:

  • Jelaskan tag judul: Tuliskan keunikan isi halaman tersebut yang tidak bisa kamu masukkan ke dalam judul.
  • Gunakan kalimat aktif: personalisasi isi meta deskripsi.
  • Ringkas: Gunakan sekitar 120 karakter.
  • Kata kunci: masukkan kata kunci utama pada deskripsi untuk hasil SEO yang baik

Optimalkan SEO On Page dengan Gambar 

Berikut adalah beberapa cara dalam mengoptimalkan SEO gambar:

  • Beri Nama Gambar dengan Tepat

     Google menyatakan bahwa nama file memberi mereka informasi mengenai subjek gambar, sehingga server.jpg lebih baik daripada IMG_130399.jpg.

  • Gunakan Alt Text yang Deskriptif

   Teks alt (teks alternatif) adalah atribut HTML untuk mendeskripsikan gambar. Tujuan utamanya adalah meningkatkan aksesibilitas bagi pengunjung yang menggunakan fitur pembaca layar atau screen      readers. Browser juga menampilkan teks alt sebagai pengganti gambar apabila gambar gagal termuat.

  • Kompres Gambar

Membuat ukuran file gambar menjadi lebih kecil, akan membantu halaman lebih cepat termuat. Hal ini sangat penting sebab kecepatan halaman adalah salah satu faktor peringkat di desktop dan mobile.

Menambahkan Link Internal dan Eksternal

Menautkan link internal dan eksternal yang relevan dengan konten artikel dapat membantu pengunjung dalam menavigasi situs web kalian. Cukup tambahkan link ke halaman internal dan eksternal seperti sumber, rekomendasi produk, atau unggahan blog terkait.

Optimalkan SEO On Page dengan Featured Snippets

Featured snippets adalah fitur SERP yang sering muncul di bagian atas hasil pencarian. Fitur ini akan membantu menjawab pertanyaan pengguna dengan mengambil kutipan pendek dari salah satu halaman dengan peringkat teratas.

Karena jawaban featured snippets biasanya berasal dari halaman hasil mesin pencari, jadi kamu bisa secara efektif memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan fitur ini.

Dapatkan Rich Snippet dengan Schema Markup

Rich snippet ialah hasil pencarian dengan informasi tambahan di bawah judul, deskripsi, dan URL, seperti menunjukkan peringkat, estimasi waktu pembuatan, ulasan, dan lain-lain. Rich Snippets membuat pengguna lebih tertarik untuk mengunjungi situs tersebut.

Walaupun rich snippet bukanlah faktor peringkat, tetapi banyak yang percaya bahwa elemen ini dapat menarik lebih banyak pengunjung setidaknya untuk beberapa halaman. Apabila kamu menggunakan WordPress, kamu dapat menambahkan schema markup ke halaman dengan plugin seperti Yoast atau Rank Math.

Itu dia beberapa cara dalam optimasi SEO On Page. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih paham tentang SEO On Page. Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang SEO, kamu bisa berkunjung ke program Campus Digital

 

Hubungi Kami