Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#searchengine #seo #seowriter #digitalmarketing #digitalstrategy

Belajar SEO untuk Pemula

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Bagi seorang pemula belajar search engine optimization (SEO) mungkin akan terdengar membingungkan. Bahkan bisa saja Anda tidak tahu harus memulainya dari mana, hal-hal apa saja yang perlu dipahami lebih dulu, atau tools apa saja yang diperlulkan.

Anda tidak perlu khawatir karena pada era digital ini, terdapat banyak sumber dan cara untuk mempelajari ilmu kekinian ini. Bila Anda tertarik untuk mulai belajar SEO, artikel ini akan menjelaskan beberapa dasar-dasar penting yang perlu Anda pahami sebagai pemula. Yuk, simak artikel ini dan catat poin-poin pentingnya!

Apa maksud dari SEO?

SEO merupakan strategi untuk meningkatkan traffic atau kunjungan website melalui search engine atau mesin pencari. Biasanya, dengan membuat konten yang sesuai SEO, halaman website dapat tampil pada hasil pencarian organik yang relevan.

Sebagai pebisnis sangatlah membutuhkan SEO karena merupakan salah satu strategi digital marketing yang paling murah. Pasalnya, sebagian besar traffic datang berasal dari hasil pencarian organik, yaitu melalui SEO.

Bahkan, advertisement atau iklan berbayar belum tentu mampu meningkatkan traffic sebanyak organic. Kecuali, bila Anda membayar iklan yang mahal. Maka dari itu, belajar SEO bisa sangatlah penting bagi para pemula di dunia digital marketing.

Menurut Cognitive SEO, investasi terhadap SEO merupakan investasi yang baik untuk masa depan bisnis. SEO merupakan cara yang efektif, di mana mampuu mendatangkan klik 15 kali lebih banyak dibanding iklan berbayar.

Bright Edge juga menyatakan bahwa lebih dari 40% keuntungan bisnis bisa didapatkan dari traffic yang organik. Tanpa SEO, website Anda akan susah untuk menjadi visible atau terlihat bagi para pengguna.

Sebab itu, SEO merupakan investasi yang bagus untuk perusahaan dan bisnis. Hampir setiap perusahaan dan bisnis apapun akan sangat membutuhkan SEO untuk meningkatkan trafficbrand awareness, dan lain-lain. Hal ini karena pencarian di Google sangat tertarget bila dibanding promosi pada media sosial.

Baca Juga: Jenis Optimasi SEO untuk Website Bisnis

Sumber Belajar SEO

Terdapat banyak sumber-sumber yang dapat Anda jadikan sebagai bahan belajar SEO untuk pemula. Biasanya bila Anda ingin mencari teori, Anda dapat belajar dari YouTube, seperti channel Neil Patel atau Brian Dean.

Ada juga blog seperti HubSpot dan Backlinko yang sangat bagus untuk belajar SEO. Disana, terdapat banyak artikel yang bisa membuat Anda lebih mengerti tentang SEO. Selain itu, Anda bisa melakukan pencarian mandiri melalui Google dan menemukan sumber-sumber lainnya yang kredibel.

Anda juga bisa mengikuti pelatihan baik online atau offline untuk bisa memahami SEO lebih mendalam. Dengan mengikuti pelatihan, Anda akan mendapat mentoring langsung dan bisa berkonsultasi dengan mentor.

Akan lebih bagus lagi bila Anda dapat mempraktikkan ilmu yang sudah Anda dapat melalui YouTube atau blog tersebut.

Praktik SEO bisa Anda lakukan dengan membangun blog, mulai dari menulis, mengaplikasikan teori-teori SEO, dan memantau performanya. Hal ini dapat sangat membantu untuk memiliki portofolio yang kuat bila ingin berkarier di bidang SEO, khususnya menjadi SEO specialist.

Tools SEO yang Perlu Dipahami Pemula

Terdapat banyak tools untuk belajar SEO yang dapat Anda pelajari sebagai pemula. Tools ini ada yang berbayar dan gratis.

Beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk SEO:

  • Google Analytics
  • Google Search Console
  • Ahrefs
  • Keyword Planner
  • Keywordtool.io
  • Moz

Itulah langkah yang bisa Anda lakukan sebagai pemula untuk memulai belajar seo. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan trafik website. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait SEO, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami