Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#seo #seoonpage #searchengine #website #digitalmarketing

Jenis Optimasi SEO untuk Website Bisnis

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Banyak strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi website menggunakan SEO. Hal ini tergantung pada hasil yang ingin Anda capai. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menerapkan SEO secara continue. Ada beberapa jenis optimasi seo untuk website yang bisa Anda terapkan. Diantaranya, SEO Teknis, SEO On Page, dan SEO Off Page. Ketiganya merupakan suatu kesatuan yang saling mendukung.

SEO Teknis

SEO teknis adalah optimasi pada halaman website Anda yang tidak berkaitan dengan pembuatan konten. Teknik SEO ini bertujuan untuk mempermudah search engine dalam melakukan crawling pada website Anda dan juga meningkatkan user experience dari website.

Semakin mudah search engine memahami struktur website Anda dan semakin baik user experience dari website Anda, maka akan semakin tinggi kualitas website Anda di mata search engine.

SEO Teknis hanya perlu Anda lakukan sekali pada saat akan memulai melakukan optimasi pada sebuah website. Hal terpenting dalam SEO Teknis yaitu cukup memastikan bahwa pengaturan crawling pada sebuah website sudah Anda aktifkan dan berjalan dengan baik.

Baca Juga: 5 Langkah Awal Belajar SEO

SEO On Page

SEO On Page merupakan teknik optimasi SEO yang Anda lakukan pada halaman website Anda dengan tujuan mempermudah halaman tersebut dalam mendapatkan rangking teratas pada halaman hasil pencarian search engine.

Secara garis besar, pengoptimasian on page bertujuan untuk membantu search engine dalam memahami topik dan konten pada website Anda. Sehingga search engine mampu memunculkan halaman website pada hasil pencarian keyword yang tepat.

SEO ini berhubungan dengan artikel atau konten dan elemen yang ada pada sebuah website. Fokus yang perlu Anda lakukan pada tahap ini adalah memastikan bahwa konten dan elemen pada sebuah artikel memiliki sebuah sinyal yang bisa menjadikan indikator dari mesin pencari.

Sinyal dimaksudkan yaitu struktur yang ada pada sebuah konten. crawling Google mempunyai pembacaan yang berbeda terhadap sebuah konten dan tidak seperti manusia.

Sinyal inilah yang Google gunakan untuk melakukan deteksi apakah halaman yang ada pada sebuah website memiliki konten atau tidak. Ketika SEO On Page dapat dijalankan dengan baik, maka selain mendapatkan manfaat dari SEO juga akan meningkatkan kredibilitas website.

SEO Off Page

SEO Off Page merupakan segala aktivitas optimasi SEO yang Anda lakukan pada luar halaman website. Teknik SEO Off Page Anda lakukan untuk membangun reputasi dan authority dari website dengan cara menautkan website Anda pada website lain yang berada dalam satu niche dengan website Anda. Semakin banyak website dengan authority tinggi yang mempunyai backlink menuju website Anda, maka search engine akan menilai website Anda kredibel.

Cara lain yang dapat Anda lakukan pada SEO Off Page yaitu membuat Private Blog Network. PBN adalah kumpulan blog yang dibangun untuk membantu menaikkan kredibilitas website utama dengan memberikan backlink secara khusus dan bertahap. Umumnya, pelaku SEO memiliki lebih dari 10-20 blog pendukung.

Itulah jenis optimasi seo yang bisa Anda lakukan pada website. Semoga cara tersebut bisa membantu meningkatkan trafik website Anda. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait digital marketing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami