Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #website #domainauthority

Berkenalan dengan Domain Authority

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Domain Authority atau DA adalah suatu acuan untuk menentukan peringkat website atau blog. Domain Authority hanyalah salah satu dari sekian banyak metric yang mesin pencari gunakan untuk menentukan seberapa berkualitasnya suatu domain.

Semakin tinggi peringkat DA suatu website, akan semakin bagus pula peluang untuk bersaing di halaman pertama mesin pencarian. Penentuan skor domain authority biasanya muali dari skala 1 hingga 10.

Terdapat 3 hal yang menentukan besar kecilnya skor DA dari suatu website atau blog, berikut pembahasannya:

1. Usia Domain Authority

Semakin tua usia domain maka peringkat domain authorithy akan semakin tinggi pula. Hal ini berlaku dengan catatan jika blog kalian selalu melakukan update atau pembaruan rutin konten-konten yang berkualitas.

DA yang tinggi menunjukan bahwa website tersebut konsisten, sehingga Google atau mesin pencari berhak memberikan nilai yang tinggi yang dapat memberikan pengaruh bagi suatu website untuk lebih mudah memperoleh peringkat di halaman pertama mesin pencarian.

2. Popularitas Domain

Terkenal atau populernya website yang kamu miliki dapat dilihat dari banyaknya link-link berkualitas yang masuk ke website. Ingat, yang menjadi pertimbangan adalah kualitas link, bukan kuantitas atau banyaknya link yang masuk.

Link yang masuk menuju website ini adalah inbound link atau orang-orang banyak menyebutnya dengan backlink.

Baca Juga: Apa itu Backlink dan Fungsinya

Cara mudah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah dengan cara membuat konten yang berkualitas yang berkualitas pula, sehingga website atau blog yang merekomendasikan website kamu pada mesin pencari akan meningkat.

Solusi lain ialah bisa juga dengan melakukan guest post ke website yang berkualitas dan mempunyai topik yang sama dengan kategori website kamu.

3. Ukuran Domain

Kamu bisa melihat ukuran domain dari banyaknya konten berkualitas yang sudah kamu post. Semakin banyak konten berkualitas yang sudah ter-publish, maka semakin besar pula ukuran domain website yang kamu miliki. Jadi, kamu perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan investasi konten yang berkualitas.

 

Nah dari ketiga hal itulah mesin pencari terutama Google akan menentukan seberapa besar skor domain authority (DA) dari website atau blog yang kamu kelola.

Bagaimana, apakah kalian sudah paham tentang domain authorithy? Kalau ingin tahu lebih banyak tentang DA dan hal-hal lain seputar website, ikuti program di Campus Digital aja!

Hubungi Kami