Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website digital marketing #bloger #wordpress

Blogger dan Wordpress : Apa Bedanya ?

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Saat ini, untuk memulai menulis blog dapat dilakukan dengan lebih mudah, karena banyak platfrom yang memberikan fasilitas tersebut untuk mengembangkannya. Platfrom yang sering digunakan yaitu Blogger dan WordPress. Namun, apa perbedaan dari kedua platform tersebut ?

Blogger VS WordPress

  • Blogger adalah layanan mudah yang memungkinkan Anda membuat dan memposting blog langsung secara online.
  • WordPress adalah Sistem Manajemen Konten (CMS) berfitur lengkap untuk mengembangkan situs web (kami berbicara tentang WordPress yang dihosting sendiri, berbeda dari WordPress.com dalam artikel ini). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yang ingin Anda ketahui sebelum membahasnya.

Blogger

Selanjutnya, mari kita bicara tentang Blogger secara lebih dalam. Platfrom Blogger dapat dikatakan sangat memudahkan untuk memulai dan menjalankan blog dasar.

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuat profil gratis yang memerlukan akun Google.

Anda dapat membuat artikel, menambahkan halaman blog, melihat dan menjawab komentar, dan melakukan fungsi dasar terkait blog lainnya di bagian ini. Setelah Anda melakukan perubahan pada situs Anda, maka secara otomatis situs Anda akan memperbarui secara langsung.

Baca juga mengenai : Marketing & Strategi Digital Dalam Meningkatkan Omset

WordPress

Melalui platform WordPress, Anda dapat membuat artikel, menambahkan halaman blog, melihat dan menjawab komentar, dan melakukan fungsi dasar terkait blog lainnya di bagian ini. Setelah Anda menambahkan atau mengedit sesuatu, maka akan secara memperbarui secara langsung di situs Anda.

Selanjutnya, Anda dapat mengunduh dan menginstal plugin untuk menambahkan berbagai macam fitur tambahan di blog Anda, misalnya formulir kontak sederhana, fitur untuk memposisikan mesin telusur Anda dengan lebih baik, atau bahkan kemampuan eCommerce di situs Anda.

WordPress terbagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu :

  1. WordPress.com adalah penyedia hosting yang membuat blog gratis. Anda juga dapat mengakses paket premium untuk mengaktifkan fungsionalitas lebih lanjut.
  2. WordPress.org adalah layanan yang self-host dan proyek open source, platform WordPress.org menawarkan kemampuan dan kemungkinan canggih.

Secara umum, masyarakat luas lebih sering menggunakan WordPress.org. Anda dapat menginstal platform ini secara gratis. Platform ini perlu memiliki web hosting dan domain untuk mengoptimalkan kemampuan dan mengembangkan blog atau website berbasis WordPress.

Saat memutuskan untuk menggunakan antara Blogger vs WordPress, berikut adalah rekap singkat tentang apa yang perlu Anda ketahui:

  • Blogger: Platform blogging ini benar-benar gratis dan sangat sederhana yang akan membuat Anda siap dan berjalan dalam hitungan menit. Namun, Anda harus menyesuaikan blog Anda sendiri atau melakukan lebih dari sekadar membuat posting dasar sangat terbatas.
  • WordPress: Platform ini membutuhkan sedikit lebih banyak waktu (dan biaya paket hosting dan nama domain) untuk memulai. Namun, di sisi lain menawarkan banyak opsi penyesuaian, menyediakan banyak fitur untuk pengguna yang lebih mahir, dan akan dengan mudah menskalakan blog Anda seiring pertumbuhannya.

Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi Campusdigital 

Hubungi Kami