Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#bisnis # digitalmarketing

Marketing & Strategi Digital Dalam Meningkatkan Omset

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Marketing & Strategi Digital Dalam Meningkatkan Omset

Digital marketing merupakan salah satu konsep pemasaran yang banyak digunakan saat ini. Digital marketing memanfaatkan berbagai media digital dalam memasarkan produk dari suatu perusahaan atau penjual. Dalam melakukan penerapan digital marketing membutuhkan sebuah strategi agar pemanfaatanya bisa berpengaruh dalam meningkatkan omset dari penjualan. Pada artikel kali ini kita akan membahas strategi pemasaran digital dalam meningkatkan omset penjualan.

Strategi Efektif

Dalam melakukan implementasi akan memerlukan sebuah strategi yang terbaik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah strategi efektif dalam meningkatkan omset penjualan :

  1. melakukan riset terlebih dahulu. Hal yang perlu kita lakukan adalah menentukan segmentasi, positioning, target pasar, serta perbedaan dari produk Anda.
  2. mengenali dan memetakan pelanggan dengan baik. Dengan mengetahui calon pelanggan, Anda akan mampu mengambil jalan untuk melakukan pemasaran yang efektif. Ingatlah bahwa “pembeli adalah raja”. Dengan demikian Anda wajib melayani secara maksimal
  3. Mengenali aset yang Anda dan perusahaan miliki serta berani memulai dan kehilangan uang, karena dibutuhkan eksperimen (testing) target pasar sebelum Anda pada akhirnya membuat keuntungan
  4. Segera ambil action atau tindakan dengan cara memastikan channel yang cocok dari hasil riset untuk memasarkan produk. Selanjutnya melakukan pemasaran secara digital yang sesuai secara konsisten.
  5. Strategi terakhir ialah melakukan analisa dan juga mengevaluasi hasil dari campaign yang sudah dilakukan. Tahap ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran digital yang selanjutnya.

Baca juga Jenis Strategi Digital Marketing untuk Digital Marketer

Penerapan Digital Marketing

Setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda dalam menerapkan digital marketing. Ada yang langsung melakukan dengan paid marketing dan ada pula yang mencoba melakukannya dengan cara organic marketing terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh penerapan yang biasa diterapkan oleh perusahaan :

  • Menggunakan Organic Marketing

Organic marketing atau pemasaran organik adalah segala bentuk pemasaran digital yang tidak melibatkan iklan berbayar. Cara ini merupakan cara yang paling sering kita lihat sebagai penggunaan media sosial dan pembuatan konten artikel, tetapi juga mencakup berbagai saluran seperti sharing video, menggunakan influencer, dan SEO.

Pemasaran organic terdiri dari beberapa hal seperti postingan blog, konten situs, postingan tamu, tweet, dan update Facebook. Selain itu, email sharing juga merupakan pemasaran organik.

  • Menggunakan Paid Marketing

Paid marketing atau bisa kita kenal sebagai pemasaran berbayar memiliki sebuah arti semua strategi terkait sebuah brand yang menargetkan calon pelanggan berdasarkan minat, niat, atau interaksi sebelumnya dengan brand tersebut.

Pemasaran berbayar dapat menggunakan satu atau lebih saluran digital, termasuk halaman hasil mesin pencari (SERP), platform media sosial, dan situs web. Selain tampilan iklan yang mungkin bisa Anda lihat di SERP dan halaman web, pemasaran berbayar juga dapat berbentuk posting-an sosial bersponsor dan blog tamu.

Itulah ulasan singkat mengenai strategi pemasaran. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai masalah tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini

Kunjungi juga Campusdigital

Hubungi Kami