Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #website #domainauthority

Cara Cek Domain Authority

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Melakukan cek Domain Authority pada blog atau website secara rutin itu sangatlah perlu. Harapannya, setelah kalian melakukan cek DA dan tahu skornya, kalian jadi mempunya peluang untuk meningkatkan peringkat website.

Tapi, bagaimana cara mengecek skor Domain Authority? Apa saja faktor-faktor penentu skor DA?

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Yuk, kita simak.

Apa itu Domain Authority (DA)?

Moz, salah satu tools SEO yang popular, mengembangkan skor atau angka yang kita kenal dengan sebutan Domain Authority (DA). Skor ini berguna untuk memprakirakan peluang peringkat website di mesin pencarian. Skor ini terhitung dari angka dari 1 hingga 100. Semakin besar skor suatu website, semakin besar pula peluang bagi website tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

Tetapi, hal ini bukan berarti bahwa DA menjadi satu-satunya faktor penentu peringkat website di mesin pencari. Skor DA itu hanyalah prediksi untuk menentukan ranking suatu website.

Bagaimana Cara Cek Domain Authority?

Bukanlah hal yang sulit untuk dapat mengetahui berapa skor DA website. Kalian cukup mengikuti panduannya seperti di bawah ini.

  1. Untuk mengecek DA, kalian harus mengunjungi link tools Moz di https://analytics.moz.com/
  2. Kemudian, masukkan alamat website atau blog kalian pada kolom analisis. Setelah itu, klik
  3. Setelah itu, di layar akan muncul tampilan kolom overview yang berisi skor DA, Linking Domains, Inbound Links dan Ranking Keywords.

Faktor Penentu Skor DA

Sebagai informasi, terdapat sekitar 40 lebih faktor untuk menentukan skor DA pada suatu website. Sedangkan Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menetapkan ranking website.

Di samping itu, makna dari tiap skor sangatlah relatif. Tidak ada penjelasan yang tepat apakah skor 30, 50, 70 dan seterusnya merupakan skor yang baik atau buruk.

Meskipun begitu, tetap ada beberapa faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan skor DA, yaitu:

  • Backlinks yang berkualitas – satu backlink dari website populer atau berkualitas jauh lebih baik daripada dua backlink dari website berkualitas rendah. Jadi, pastikan untuk mencari link yang berkualitas.

Baca Juga: Apa itu Backlink dan Fungsinya

  • Jumlah referring domain yang tinggi – mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda dapat menunjang skor DA dibandingkan mendapatkan banyak backlink namun dari website yang sama.
  • Kualitas konten – konten merupakan faktor utama dari SERP. Jadi, sangat masuk akal apabila kualitas konten juga mempengaruhi skor DA.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Blogging

  • Social signals – DA menilai popularitas website melalui social signals atau engagements seperti jumlah share, like dan comment.
  • Search Engine Friendliness – Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur keseluruhan website. Faktor ini penting dalam pemberian skor DA, sebab faktor ini akan menilai apakah website bersifat user friendly atau tidak.

Nah, mudah bukan untuk mengecek domin authority? Setelah mengetahui hasil dari skor DA website kalian, kalian jadi bisa melakukan evaluasi agar konten website semakin baik lagi. Selain itu, faktor-faktor penentu skor DA juga bisa menjadi acuan bagi kalian untuk terus meningkatkan performa website.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang seluk beluk website, coba ikuti program dari Campus Digital yuk!

Hubungi Kami