Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#yotube #youtube #sosialmedia #tips&trik #campusdigital

Cara Dapat Uang dari YouTube

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Pada era digital ini, semakin banyak orang yang ingin menghasilkan uang dari internet, salah satunya dari platform YouTube. Tentunya Anda sudah tidak asing dengan platform berbasis web video sharing ini. Tidak sedikit yang dulunya hanya sebagai pengguna yang menonton video orang lain, kini banyak orang berlomba-lomba untuk membuat konten terbaiknya untuk bisa dapat uang dari YouTube

Dibangun oleh tiga orang mantan karyawan PayPal pada Februari 2005, kini YouTube menjadi salah satu platform media online yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Mulanya, para founder menjadikan YouTube sebagai situs kencan online. Namun, setelah menganalisa pasar, YouTube beralih menjadi situs berbagi video secara online.

Sekarang YouTube menjadi media bagi banyak orang untuk mendapatkan uang. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak cara dapat uang dari YouTube selengkapnya pada artikel ini!

Baca Juga: 5 Cara Belajar Youtube Untuk Pemula

Cara Dapat Uang dari YouTube

1. Membuat Akun dan Channel YouTube

Anda bisa membuat akun terlebih dahulu di YouTube bila Anda belum mempunyainya. Coba sign in ke YouTube (Anda bisa memakai akun Google untuk masuk dan mendaftar, daripada mengisi semua data form lagi dari awal).

Kemudian buatlah channel Anda. Buatlah nama yang menarik dan mudah diingat untuk chanel Anda. Pikirkan juga konsep, tema atau karakter channel Anda serta bandingkan dengan channel sejenis.

2. Monetisasi YouTube Channel

Anda bisa mencoba sign in ke akun YouTube Anda, tekan menu account information yang terletak pada sebelah kanan atas dan pilih Creator Studio. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih Channel dan tekan Status and features. Selanjutnya, pilih Enable Monetisation. Kemudian setujui persyaratan yang ada. Berikut cara membuat channel Anda bisa termonetisasi.

3. Hubungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada channel Anda, Anda perlu untuk melakukan associate dan approved AdSense account ke YouTube account Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang bisa Anda pakai untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana hanya akan bisa terbayar bila Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

4. Mengoptimasi Fungsi Monetisasi

Supaya bisa mendapatkan uang dari youtube, Anda perlu mengoptimalkan channel Anda, berikut beberapa kriteria yang Anda penuhi:

  • Video Anda harus user-friendly
  • Konten harus berupa karya asli Anda agar bisa di-promote
  • Copyrighted videos yang Anda plagiasi dari internet, tidak akan membuahkan apa-apa
  • Anda harus membuat video dengan memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah ditentukan oleh pihak YouTube
  • Sekalinya mengaktifkan fungsi monetisasi pada video Anda, beberapa iklan akan tampil di video Anda berikutnya

Itu dia cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat uang dari Youtube. Semoga cara tersebut bisa membuat chanel Anda semakin berkembang. Bila Anda tertarik untuk belajar terkait video editing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami