Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #seo #marketplace #media sosial

Cara Efektif Mencari Target Market di Instagram 2021

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari berbisnis via media sosial seperti instagram adalah Anda dapat menemukan target market tanpa perlu banyak repot. Cukup dengan mengoptimalkan penggunaan akun instagram, Anda dapat menemukan target market yang tepat sasaran.

Sebelumnya, apa itu target market? Target market atau target pasar merupakan sekelompok orang dengan kriteria tertentu yang Anda targetkan sebagai konsumen dari produk yang Anda tawarkan.

Namun, banyak pelaku bisnis yang masih belum paham betul bagaimana mengoptimalkan penggunaan akun instagram untuk menemukan target market. Oleh sebab itu, di sini kami akan mengutarakan cara efektif mencari target market di instagram 2021.

1. Cari target market melalui hashtag hobi

Cara pertama untuk menemukan target market di instagram adalah dengan mencarinya melalui hashtag hobi. Hal ini dapat Anda lakukan sebab hashtag di instagram akan mengelompokkan para penggunanya dalam beberapa kategori hobi. Pastikan, cari hashtag yang berkaitan dengan bisnis Anda. Misalkan Anda berbisnis pakaian muslimah, maka silakan cari hashtag yang relevan seperti #ootdmuslimah atau #bajumuslim dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

2. Cari target market melalui hashtag event

Saat ini terdapat banyak jenis event yang dipromosikan melalui instagram seperti seminar, pameran, dan lain sebagainya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari target market dengan menggunakan hashtag event tersebut. Namun, Anda harus ingat untuk selalu mencari event yang berkaitan dengan bisnis Anda.

3. Cari target market melalui akun kompetitor

Cara ketiga adalah dengan mencari target market melalui akun kompetitor yang relevan dengan bisnis Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memantau lalu melihat siapa saja yang mengikuti akun tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memantaunya dari kolom komentar. Cari siapa saja pengguna yang sering menyukai dan memberi komentar pada postingan mereka. Bisa dipastikan pengguna tersebut adalah orang yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Nah, itulah cara efektif mencari target market di instagram 2021. Bila Anda ingin belajar lebih jauh terkait dunia digital marketing, Anda dapat bergabung bersama kami di Campus Digital. Yuk, segera daftarkan diri Anda.

 

Hubungi Kami