Salwa Nida

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace #wabsite #seo

Cara Jualan di Marketplace FB Sampai Laris

2 tahun yang lalu - By Salwa Nida

Sebagai pengusaha kecil yang ingin cepat menumbuhkan sayapnya. Maka, pastinya Anda ingin produk Anda cepat laku saat menggunakan Facebook Marketplace. Facebook Marketplace sendiri merupakan situs yang merupakan hasil pengembangan dari Facebook sebagai tempat untuk jual beli. Karena adanya fitur ini, maka Facebook tidak hanya sekedar sosial media tetapi juga sebagai situs jual beli dengan cakupan lokal bahkan sampai luar negeri. Lalu, pada artikel ini Saya akan memberitahu Anda sekalian mengenai Cara Jualan di Marketplace FB Sampai Laris

 

1. Buat Barang yang Anda jual bersih dan menarik

Untuk menjadi salah satu penjual yang sukses di Facebook Marketplace, Anda memerlukan tingkat profesionalisme. Jika Anda ingin menjual barang bekas, Anda harus memastikan bahwa Anda membersihkan atau mencucinya sebelum membawanya secara online. 

 

2. Ambil Foto Dengan Baik

Mengambil foto yang layak adalah nilai jual utama di Facebook Marketplace. Foto yang diambil dengan buruk akan mengecilkan hati calon pembeli meskipun barang tersebut adalah barang yang asli. Mengambil bidikan yang bersih tidak memerlukan kamera yang mahal. Cukup dengan menggunakan ruangan yang cukup terang, letak posisi barang yang tepat, dan smartphone atau kamera. Dan Anda sudah dapat mengambil foto yang terang dan bagus yang akan berkinerja baik parang Anda di Facebook Marketplace. 

KIAT BONUS: Ambil lebih dari satu foto 

Sebagai penjual yang ingin sukses, Anda harus memiliki kebiasaan mengunggah lebih dari satu foto produk Anda. Mengunggah foto hingga tiga atau empat gambar produk akan memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk melihat produk lebih dekat, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli.

 

3. Berikan Foto Penggunaan

Terkadang Anda perlu memberikan sedikit sentuhan untuk mendapatkan uang tambahan untuk barang Anda. Saat mengunggah foto produk, Anda ingin calon pembeli membayangkan dirinya menggunakan produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual sepatu bola, jangan meletakkannya di tanah, tetapi bawalah ke lapangan sepak bola dan ambil foto yang berbeda. Calon pembeli akan selalu memperhatikan perbedaannya. Ini mungkin memakan waktu tetapi itu sepadan. 

Baca juga : Batas Postingan di Marketplace Facebook

 

4. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Sebelum menambahkan produk apa pun ke toko Anda nantinya. Sebaiknya Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Menambahkan kata kunci yang tepat dalam deskripsi produk, judul gambar, dan judul produk Anda akan meningkatkan peringkat posting Anda selama pencarian produk. Dan memudahkan produk Anda ditemukan oleh pembeli.

TIPS BONUS: Sertakan detail yang relevan tentang produk Anda

Saat akan menulis deskripsi produk Anda, pastikan untuk memberikan setiap detail yang diperlukan tentangnya. Anda ingin calon pembeli mengetahui seberapa sering digunakan, berapa umur produk : jika produk adalah produk bekas , dll. Detail produk bisa berupa “ Konsol game PlayStation 4 berusia sembilan bulan, penggunaan jarang dan kondisi bagus”. Detail seperti ini akan menarik perhatian lebih dari sekedar daftar " PlayStation 4 untuk dijual ". 

 

5. Daftar item secara terpisah

Mencantumkan item secara terpisah akan membuat toko Anda lebih teratur. Anda tidak ingin membingungkan prospek Anda dengan membuat daftar item berbeda yang tidak terkait.

 

6. Jujur dalam Menceritakan Produk

Dalam semua daftar yang akan Anda lakukan, mulai dari memposting gambar hingga menulis deskripsi, pastikan Anda jujur ​​tentang segala hal. Jangan pernah memposting foto kondisi produk yang berbeda. Jika ada bagian atau komponen yang hilang dari produk yang akan Anda jual, jangan takut untuk memberi tahu pembeli. Lebih baik jujur mengenai kondisi produk ketika mereka belum memesan daripada ketika mereka mengetahui kebohongan Anda setelah melakukan pembelian.

 

7. Mematok Harga yang Tinggi

Facebook mengharapkan pembeli bisa melakukan survey harga dan melakukan nego di Facebook Marketplace. Mengetahui adanya hal ini, sebaiknya Anda jangan memberi harga lebih tinggi dari apa yang ingin Anda jual. Dengan cara ini, ketika pembeli menurunkan harga, Anda berdua akan menyepakati harga yang nyaman. Anda berdua senang seolah-olah Anda mendapat kesepakatan yang baik.

Catatan:  Sebelum menambahkan harga Anda, pastikan Anda meneliti harga produk serupa di Facebook Marketplace. Jika harga Anda terlalu tinggi, Anda bisa menakuti pembeli Anda dan jika terlalu rendah, Anda bisa merugi.

7 cara jualan di Marketplace FB sampai laris ini sebaiknya Anda terapkan dengan baik. Sehingga nantinya usaha Anda bisa berkembang dan mendapat banyak pembeli.

 Kunjungi juga di Campus Digital 

Hubungi Kami