Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #blog

Cara Membuat Blog di WordPress, Dijamin Mudah!

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kalian calon blogger yang masih bingung dengan cara membuat blog di wordpress, artikel ini adalah jawabannya. Tidaklah sulit untuk membuat sebuah blog. Simak cara-caranya berikut ini, yuk!

Cara Membuat Blog di WordPress

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Berikut cara-caranya:

  1. Langkah awalnya tentu saja kalian harus membuka situs WordPress di browser, klik atau buka URL ini di browser Anda id.wordpress.com
  2. Setelah halaman WordPress terbuka, tulislah alamat web yang kalian inginkan, contohnya campusdigital.wordpress.com. Kemudian klik tombol “Buat Situs Web”.
  3. Setelah berhasil memasukkan alamat, nantinya akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, kalian harus mengisi kolom-kolom identitas, seperti alamat email, nama pengguna (untuk login), password, serta alamat blog.

Kalian cukup isikan kolom tersebut sesuai dengan yang sudah kalian punya. Khusus Nama Pengguna, kalian bebas menggunakan nama apa saja, yang penting kalian mudah mengingatnya. Password pun juga sama, buatlah yang mudah diingat namun tetap kuat. Masukkan juga alamat web yang tadi sudah kalian buat. Jangan lupa untuk meng-klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”. Setelah semua kolom terisi, klik tombol “Buat Blog” .

  1. Pada tahap ini, WordPress akan mengirimkan link verifikasi ke email kalian. Bukalah email tersebut dan klik link tercantum di dalam email tersebut.
  2. Jika sudah melakukan verifikasi seperti pada langkah 4 di atas, nantinya akan terbuka tab baru di browser yang akan membawa kalian halaman dashboard WordPress milik kalian.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kini Anda bisa membuat blog pribadi atau pun webiste bisnis. Bahkan jika Anda ingin menggunakan wordpress untuk kebutuhan pembuatan website toko online Anda bisa membangun toko online Anda dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di wordpress, mulai dari kemudahan tampilan dengan banyaknya template, kemudian kemudahan fungsi dengan berbagai plugin wordpress yang tersedia.

Pengaturan di Blog WordPress

Setelah sukses mengikuti cara pembuatan wordpress di atas, berikutnya adalah melakukan pengaturan pada halaman wordpress.

Baca Juga: Cara Sederhana Membuat Blog Anda Lebih Menarik

Terdapat berbagai sub kategori pengaturan yang dapat kalian edit. Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Umum: Pada kategori ini, kalian boleh mengganti judul blog dengan judul yang sesuai dengan keinginan, serta menambahkan tagline. Di samping itu, kalian juga bisa mengatur hal-hal lainnya, seperti menambahkan ikon untuk blog dan merubah format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan.
  • Menulis: Pada bagian ini kalian apat membuat pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar.
  • Membaca: Kalian bisa mengatur tulisan yang kalian tampilkan pada halaman utama blog. Jika kalian masih pemula, lebih baik jika menampilkan halaman dinamis. Kalian juga bisa men-setting secara default apabila tidak ada hal khusus yang ingin kalian tampilkan.
  • Diskusi : Pada kategori ini, kalian bisa mengatur bagaimana orang lain dapat berkomentar di blog. Sama seperti sebelumnya, kalian cukup membiarkan pengaturan pada mode default apabila tidak ada hal khusus yag diinginkan.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami