Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #trik & tips #wabsite

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Membuat blog gratis dapat dilakukan dengan sangat mudah. Namun, jika Anda merasa kebingungan, Saya akan memberikan panduan mudah tentang cara memulai blog.Panduan langkah demi langkah di halaman ini akan menunjukkan kepada Anda cara membuat blog dalam 20 menit hanya dengan keterampilan komputer paling dasar dan akan membantu Anda untuk membuat website di Blogspot untuk menulis blog gratis tanpa perlu membeli domain dan layanan hosting.

Blogspot ?

Platform yang memungkinkan Anda membangun dan meng-host situs web Anda secara gratis. Google mengelola Blogspot secara langsung, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan atau masalah lainnya. Selain itu, ada ribuan tema gratis yang dapat Anda gunakan untuk memberikan tampilan profesional ke situs web Anda. Mari kita mulai dengan panduan langkah demi langkah untuk membuat situs web gratis.

Sebelum saya memulai panduan lengkap ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui:

  1. Blogspot yang menawarkan Anda kesempatan untuk memulai blog yang didukung oleh Google , tetapi semua gambar Anda akan dikelola oleh Picasa (juga bagian dari Google).
  2. Jika tujuan blog Anda adalah menghasilkan uang dan memiliki tampilan blog yang profesional, saya sarankan Anda membuat blog menggunakan WordPress, karena website tersebut menyarankan lebih banyak tools untuk mengembangkan website Anda.

Step 1 : Login ke Blogger

Buka Blogger dan masuk dengan id Gmail dan kata sandi Anda, jika Anda tidak memiliki akun maka Anda dapat membuatnya secara gratis dengan mengklik tombol "Daftar" di kanan atas sudut seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah ini.

Step 2 : Konfirmasikan Profil Anda dan Nama Blog Anda

Setelah Anda selesai masuk dengan akun Gmail Anda, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini. Pilih nama Blog Anda sesuai konten yang akan Anda posting dalam website Blogspot Anda.

Step 3 : Berikan Nama Domain Situs Web

Pada langkah ini, Anda perlu memberikan alamat situs web Anda. Misalnya: Jika Anda ingin membuat situs web tentang buku, maka Anda dapat membuat nama domain seperti aboutbooks.blogspot.com atau anythingbooks.blogspot.com.

Blogspot akan memberikan nama domain secara gratis, mereka akan memberi akhiran blogspot.com secara default. Selain itu, Anda harus mengerti bahwa nama domain harus unik sehingga ada kemungkinan nama domain yang Anda inginkan sudah terdaftar.

Step 4 : Menulis Blog

Selanjutnya, Anda akan masuk ke dalam website Blogspot Anda. Untuk memulai menulis Blog klik "New Post" dan mulai menulis konten Blog Anda. Setelah Anda menulis Blog Anda, Anda dapat melihat preview Blog Anda dengan klik "Preview" untuk melihat konten Blog Anda sebelum mempublishnya. Jika Anda sudah yakin dengan konten Anda dan ingin mempublishnya, Anda mengklik "publish" dan konten Anda secara otomatis akan terpublish di internet.

Step 5 : Memilih Tema

Untuk mempercantik tampilan Blog, Anda dapat memilih template (Anda dapat memilih template apa saja saat ini, Anda akan dapat mengubahnya nanti kapan saja). Klik "Template" pada menu sebelah kiri dan pilih tema yang sesuai dengan Anda dan klik "Apply" untuk menggunakan tema tersebut.

Saya yakin Anda akan dapat membuat situs web secara gratis dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, semoga Anda beruntung untuk situs web baru Anda.

Beri tahu Saya jika Anda memiliki pertanyaan tentang ini dan bagikan pemikiran Anda dengan memberikan komentar di bawah, dan kunjungi website Campus Digital untuk melihat hal-hal menarik tentang Blogspo dan lainnya.

 

Hubungi Kami