Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #jenisseo

Cara Membuat URL Di Blog

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Apakah kamu blogger pemula dan belum tahu bagaimana cara membuat URL di Blog? Kalau begitu, artikel ini adalah jawabannya. Tapi, sebelum beranjak ke cara pembuatan URL, kita simak dulu penjelasan singkat mengenai URL.

Bava Juga: SEO Di Blogger: Cara Dasar Memunculkannya

Apa Itu URL?

Sederhananya, URL (uniform resource locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Contoh URL adalah seperti ini: https://campusdigital.id/artikel/cara-membuat-blogger-di-hp

Pada saat membuat suatu artikel, secara otomatis Blog akan membuat permalink atau URL pada bagian belakang alamat domain kita. Permasalahannya adalah,jika judul artikel yang kita buat terlalu panjang, maka sebagian URL blogspot akan terpotong. Hal ini sangat tidak baik bagi SEO. URL yang bagus adalah mengandung kata kunci secara utuh. Lalu bagaimana cara membuat URL di blog agar tidak terpotong?

Membuat URL yang Utuh Di Blog

Setelah mengetahui apa itu URL, kita akan belajar cara membuat URL di Blog agar tidak terpotong. Simak berikut ini.

1. Langkah pertama tentunya masuk dahulu ke akun blog masing-masing. URL blogspot hanya bisa kita buat pada saat menulis artikel baru. Oleh sebab itu, kalian perlu membuat postingan artikel baru di blog. Kemudian, klik “entri baru”.

2. Setelah itu, buatlah tulisan artikel seperti biasa. Bila sudah, kalian klik tombol "label" kemudian ketikkan nama kategori postingan atau artikel yang kalian mau.

3. Untuk membuat URL blogspot sesuai keinginan kita, pindah, klik "tautan permanen" lalu pilih "tautan permanen khusus" . Tuliskan URL blog yang kalian mau. Caranya adalah dengan menyisipkan tanda penghubung (-) pada setiap kata. Contoh : cara-membuat-url-di-blog. Klik "selesai" jika sudah.

4. Pada bagian "deskripsi penelusuran" , tulis deskripsi singkat mengenai artikel kalian. Jika semuanya sudah selesai, klik "publikasikan" . Artikel pun sukses terbit dengan URL blogspot sesuai keinginan.

Menguji URL Blog

Apabila kalian ingin memastikan apakan URL artikel tidak terpotong, kalian bisa mengujinya. Ikuti langkahnya berikut ini.

1. Buka tab baru di browser Anda.

2. Copy dan paste URL yang sudah kalian buat pada menu bar browser. Kemudian tekan tombol enter pada laptop atau komputer kalian.

3. Perhatikan apakah URL tujuan sudah benar atau belum. Jika belum benar, bisa jadi terdapat kesalahan saat menaruh link di URL target.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu coba dalam membuat url di blog. Semoga artikel ini dapat membantu kalian. Jika kalian merasa kurang paham, coba ikuti program dari Campus Digital saja, yuk!

 

Hubungi Kami