Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #bisnisdaigital #bisnisonline

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Dalam memulai bisnis online, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Namun, perlu kamu ketahui untuk mulai terjun ke dunia bisnis online sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa strategi bisnis. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai cara memulai bisnis khususnya bagi pemula yang ingin terjun ke bisnis online.

Memulai bisnis online bagi pemula

1. Memiliki Niat Berbisnis

Niat merupakan hal utama yang harus dimiliki setiap orang sebelum melakukan sesuatu. Pasal nya niat memiliki peran penting dalam diri kamu untuk terus tetap berusaha dan memperbaiki diri agar kamu terus termotivasi untuk melakukan hal yang sesuai keinginan mu. Begitu juga dalam memulai bisnis online, niat juga sangat diperlukan untuk melihat seberapa besar usaha yang akan kamu lakukan dalam mencapai target bisnismu.

2. Melihat Peluang

Sebelum memulai bisnis online, kamu harus melakukan pengamatan terlebih dahulu mengenai produk atau jasa apa yang ingin dijual. Peluang itu bisa kamu amati dengan melihat tren dan kegemaran suatu komunitas yang mereka suka. Misal nya saat ini sedang tren bisnis thrifting atau pakaian bekas yang vintage.

Baca juga Manfaat Storytelling dalam Digital Marketing

3. Melakukan Riset

Setelah kamu mengamati peluang dan mendapatkan apa yang sesuai dengan passion mu. Selanjutnya kamu bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu dengan menentukan segmentasi target, seperti melihat gander, usia, lokasi, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan riset kamu bisa mengoptimalkan bisnismu.

4. Memilih Media Untuk Mempromosikan Produk

Untuk dapat mengembangkan bisnis, penting bagi pemilik bisnis untuk memilih media yang tepat. Tujuannya agar produk yang kita tawarkan dapat menjangkau segmentasi market yang sesuai. Kamu bisa menggunakan media elektronik seperti iklan di tv, radio dan elektronik koran ataupun media online seperti facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi.

5. Membuat Website

Website dalam bisnis online sangat berperan penting dalam melakukan promosi produk dan jasa. Dengan menggunakan website kamu bisa memonitori traffic penjualan ataupun pengunjung website milikimu. Sehingga kamu akan mengetahui seberapa banyak orang yang tertarik dengan produk di website bisnismu.

6. Membuat Content Semenarik Mungkin

Cara terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat content yang akan di unggah ke media sosial semenarik mungkin. Tujuannya agar penonton iklan merasa tertarik dan menumbuhkan rasa penasaran konsumen. Dengan begitu audience bisa saja melakukan pembelian produk dari content tersebut.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami