Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #seo #marketplace #konsepdigitalmarketing

Cara Mencari Target Market di Instagram

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Cara mencari target market di instagram memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun, hal ini begitu penting untuk orang pelajari khususnya bagi para pelaku bisnis di media sosial tersebut. Dengan mencari dan mendapat target market yang tepat, besar kemungkinan sebuah produk atau jasa yang orang tawarkan akan laku keras.

[caption id="attachment_3519" align="alignnone" width="411"] People holding an Instagram icon[/caption]

Bila Anda saat ini sedang bingung bagaimana cara mencari target market di instagram, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Follow Target Sesuai Jenis Produk

Cara ini dapat Anda lakukan dengan mencari akun yang menjual produk serupa dengan Anda. Misalkan Anda menjual produk baju muslimah, maka masukan kata 'baju muslimah' di kolom pencarian instagram. Tak lama, pengguna yang menggunakan kata tersebut akan muncul. Perhatikan pula jutaan hashtag yang muncul berkaitan dengan kata tersebut. Setelah itu, klik salah satu dari sekian baris data yang muncul. Maka, akan muncul pengguna pada bagian bawah yang merupakan Top Post, lalu follow akun mereka.

Baca juga: Statistik Penggunaan Instagram

2. Mencari Follower Tertarget

Sesudah melakukan cara pertama, Anda kemudian dapat mem-follow para pengikut akun tersebut karena besar kemungkinan mereka memiliki ketertarikan terhadap 'baju muslimah' pula. Pengikut tersebut adalah target Anda. Lakukan follow satu persatu. Jika pengguna yang Anda follow tidak segera melakukan followback dalam jangka waktu tertentu, Anda dapat melakukan unfollow.

3. Gunakan Hashtag Terkait

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencari target market di instagram adalah dengan menggunakan hashtag terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan menggunakan hashtag pada setiap postingan promosi, calon target market akan mudah menemukan produk atau jasa Anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menggunakan hashtag terkait jualan Anda. Jangan sampai Anda menambahkan hashtag yang tidak penting karena nantinya target market Anda akan salah sasaran.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mencari target market di pasar di instagram. Semoga cara tersebut dapat meningkatkan penjualan dari bisnis yang Anda geluti. Bila Anda ingin belajar lebih dalam terkait ilmu digital marketing, mari segeralah bergabung bersama kami di Campus Digital.

 

Hubungi Kami