Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Cara Mengikuti Sertifikasi BNSP

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Tidak sedikit perusahaan baik swasta maupun pemerintah yang membutuhkan sebuah pembuktian keahlian apa saja yang dapat kita lakukan. Lantas, bagaimana cara kita dapat membuktikan hal tersebut? Salah satunya yaitu memiliki bukti tertulis dengan melakukan Sertifikasi BNSP. Sertifikat ini mengakui kompetensi yang kita miliki dan berlaku secara nasional. Bagaimana cara mengikuti sertifikasi BNSP?

(BNSP) Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai badan yang menyeleksi sumber daya manusia yang berkualitas dan sudah teruji melalui sertifikasi dan pelatihan yang di laksanakan oleh beberapa lembaga sertifikasi profesi yang telah terlisensi dari BNSP itu sendiri. Sehingga mampu menghasilkan tenaga kerja yang sudah memenuhi syarat ketentuan yang di harapkan.

Sertifikasi kompetensi profesi merupakan sebuah proses uji kompetensi yang di lakukan secara sistematis dan objektif melalui berstandar nasional maupun internasional, atau standarisasi khusus dari lembaga sertifikasi profesi yang telah BNSP tunjuk.

Cara Mengikuti Sertifikasi BNSP

Cara Memiliki Sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dapat dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih profesi yang akan Anda sertifikasi dan pastikan Anda memenuhi persyaratan yang BNSP tetapkan untuk profesi tersebut.
  2. Registrasikan diri Anda ke Tempat Uji Kompetensi atau Lembaga Sertifikasi Profesi dan bayar biaya pendaftaran sertifikasi. Biaya ini bervariasi bergantung pada kompetensi profesi yang Anda pilih.
  3. Ikuti seluruh tahapan ujian sertifikasinya. Ujian ini biasanya bisa di laksanakan di tempat atau secara online.
  4. Setelah lulus ujian, Anda akan menerima sertifikat BNSP yang menyatakan bahwa Anda telah tersertifikasi dan kompeten sebagai profesi tersebut. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun dan bisa di perpanjang dengan mengikuti program pemeliharaan kompetensi yang BNSP tetapkan.

Baca Juga: Masa Berlaku dan Perpanjang Sertifikasi BNSP

Tahapan Proses Pelaksanaan Sertifikasi BNSP

Anda perlu melalui proses yang seluruhnya harus bisa terselesaikan dengan baik untuk bisa mendapatkan sertifikasi. Maka dari itu, Anda perlu persiapan yang matang agar tahapan ini dapat Anda lalui dengan cepat dan mudah.

Tahapan Pra-Assessment

Tahapan ini merupakan proses wawancara atau tanya jawab secara lisan maupun tulisan yang perlu Anda jawab dengan baik sesuai kriteria dari BNSP. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan informasi awal terkait kemampuan Anda dalam profesi yang Anda pilih saat ini.

Uji Kompetensi Tes Tulis

Setelah lolos pada tahap pra-assessment, maka Anda mengikuti uji kompetensi tes tulis. Dalam tes ini, materi yang di ujikan sesuai bidang kompetensi profesi yang Anda pilih. Sementara pengujinya merupakan orang yang ditunjuk dan telah mempunyai lisensi dari BNSP. Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalani tes tulis, antara lain:

  • Jenis sertifikasi BNSP yang akan dipilih sesuai profesi atau kompetensi Anda.
  • Alur pendaftaran ujian tulis.
  • Kisi-kisi dan unit kompetensi ujian tertulis sesuai dengan bidang kompetensi yang akan diambil.
  • Waktu dan tempat pelaksanaan ujian tulis.

Uji Kompetensi Tes Praktik

Setelah melakukan tes tulis,Anda akan melaksanakan tes praktik sesuai profesi atau kompetensi Anda. Tes praktik untuk mengetahui kemampuan praktik dari kompetensi para peserta yang akan mendapatkan sertifikasi.

Pengumuman

Pada tahapan ini, Anda perlu menunggu pengumumannya. Sebab para asesor perlu menilai keseluruhan tes dan ujian yang telah Anda lakukan. Kemudian memberikan rekomendasi kepada BNSP terkait peserta mana saja yang kompeten dan berhak untuk mendapatkan sertifikat BNSP.

Demikian cara mengikuti sertifikasi BNSP yang bisa Anda pelajari untuk mempersiapkan diri mengikuti Sertifikasi. Anda bisa mengikuti Sertifikasi BNSP di Tempat Uji Sertifikasi Campus Digital


Hubungi Kami