Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Cara Menjadi Marketing Handal untuk Pemula

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Cara Menjadi Marketing Handal untuk Pemula - Sebelum menuju ke pembahasan inti mengenai tips dan cara menjadi marketing handal, yuk ketahui dahulu definisi dari marketing.

Fungsi dari marketing pada sebuah perusahaan sangatlah penting. Marketing sebagai salah satu cara untuk memperoleh dan menarik konsumen agar dapat memilih produk atau layanan dari perusahaan tersebut.

Marketing merupakan sebuah usaha untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga: 5 Tips Promosi Produk Menarik di Sosmed

Strategi marketing yang tepat sangat perusahaan butuhkan dalam mengembangkan bisnisnya. Berikut beberapa manfaat dari marketing, antara lain :

  • Meningkatkan penjualan atau sales,
  • Sebagai media untuk membangun hubungan baik dengan klien atau konsumen,
  • Sebagai sarana untuk branding,
  • Sebagai wadah untuk mengembangkan produk.

Seorang marketing yang handal harus dapat melakukan riset pasar, pangsa pasar, dan menganalisa kebutuhan konsumen. Gimana caranya bisa melakukan itu semua? Yuk gabung di membership Campus Digital dan dapatkan semua materinya.

Cara Menjadi Marketing Handal & Tips Menarik Konsumen Untuk Pemula

1. Membuat Perencanaan Target Konsumen

Tips pertama adalah dengan membuat perencanaan target konsumen. Cara menargetkan konsumen adalah dengan membuat segmentasi pasar yang tepat.

Buatlah strategi yang cocok dan paling tepat saat menentukan segmen pasar. Hal ini bertujuan agar cakupan pasar yang kamu targetkan bisa dengan tepat dan bisnis berjalan lancar.

2. Menguasai Informasi Produk

Salah satu langkah awal yang paling penting dan tidak dapat kamu lewatkan sebagai seorang marketing yaitu menguasai informasi produk (product knowledge) dengan baik.

Sebab seorang marketing harus bisa meyakinkan calon pembeli dengan memberikan informasi dengan detail dan lengkap mengenai produk yang di tawarkan.

Bila terdapat konsumen yang bertanya mengenai kelebihan ataupun kekurangan dari produk tersebut, maka seorang marketing harus pandai dalam meyakinkan calon konsumennya.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Tips marketing penjualan selanjutnya yaitu harus bisa memahami perilaku konsumen. Menjadi marketing yang handal, harus mampu memahami kebutuhan konsumen, tipe konsumen, hingga karakteristik konsumen.

Ditambah juga seorang konsumen dalam dunia bisnis merupakan seorang raja. Sehingga apapun yang menjadi kebutuhan seorang konsumen, seorang marketing harus mampu menjawab dan menyediakan sesuai kebutuhan konsumen.

4. Up To Date pada Ilmu Marketing

Ilmu marketing akan terus mengalami perkembangan seiring berkembangnya waktu. Apalagi kini marketing tidak lagi secara konvensional, namun juga telah menjalar ke digital marketing.

Kamu bisa menambah wawasan marketing dengan membaca dari buku-buku terbaru mengenai marketing, belajar dari artikel yang membahas marketing, mengikuti kelas online yang memberikan pembahasan terkait digital marketing, dan banyak cara lainnya yang bisa kamu lakukan.

5. Memperluas Relasi Jaringan Bisnis

Kunci sukses sebagai seorang marketer handal yaitu memiliki jaringan bisnis dan relasi yang luas.

Sebab relasi yang luas tentu akan sangat memudahkan kamu dalam mempromosikan produk dan menjangkau target yang lebih luas.

Maka dari itu, selalu menjaga komunikasi sesama relasi bisnis akan sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis.

Hubungi Kami