Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#seo #searchengine #seoonpage #tips&trik

Cara Optimasi SEO Blog

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Optimasi SEO memiliki peran penting agar situs blog atau website dapat menduduki top rank pada Google. Bahkan tidak sedikit konten yang berkualitas sekalipun dapat dikalahkan oleh konten lain hanya karena tidak mengerti teknik SEO. Itu dia yang menyebabkan para kreator media mempeljari SEO. Sebetulnya mudah untuk mempelajari teknik optimasi SEO, terlebih teknologi saat ini mendukung Anda untuk mencari ilmu dari mana saja.

Salah satu sumber ilmu mengenai cara optimasi SEO website ada dalam membership Campus Digital. Materi yang diberikan ada dalam bentuk video pembelajaran ataupun materi. Hanya cukup membership di awal, Anda dapat mengaksesnya kapan dan dimana saja dengan masa berlaku lifetime.

Langkah-langkah Optimasi SEO Blog

1. Membuat Title Tag yang Tepat

Mengoptimalkan penggunaan title tag yang Google sarankan yaitu 50-60 karakter. Sebab menggunakan title tag yang terlalu panjang atau memiliki banyak karakter akan terpotong pada hasil SERP (Search Engine Result Page). Membuat title tag juga harus mengandung focus keyword. Selain itu, buatlah judul yang menarik untuk mendorong minat pembaca.

2. Menggunakan Fitur Search Description

Search description yaitu baris paragraf yang berisikan penjelasan singkat dari artikel yang Anda buat atau biasa disebut dengan meta description. Rekomendasi untuk membuat meta description dalam hal optimasi SEO ialah maksimal 160 kata. Seperti judul, Anda juga perlu membuat meta description menarik.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO Blog Wordpress

3. Menggunakan Custom Permalink

Secara default, pada blogspot menggenerate permalink secara automatic. Biasanya bila judul postingan Anda panjang maka akan terpotong. Jadi, Anda dapat memakai custom permalink yang singkat dan mengandung focus keyword.

4. Memakai Alt Image pada Gambar Postingan

Pemakaian alt image sangatlah penting menurut Google. Berikut cara mengaktifkan fitur alt image pada Blogspot :

Ketuk pada gambar postingan > Properties > Selanjutnya isi title text dan alt-text.

5. Atur pemakaian Heading (H1, H2, H3, dst)

Tahapan ini ada yang berpendapat berpengaruh dan juga tidak berpengaruh terhadap optimasi SEO. Akan tetapi berdasarkan perbandingan, artikel ini akan tetap menyarankan Anda untuk menggunakannya (secara wajar dan alami). Plugins Yoast SEO pada Wordpress juga merekomendasikan penggunaan subheading yang mengandung focus keyword.

Hubungi Kami