Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#searchengine #seo #seoonpage #wordpress #digitalmarketing

Cara Optimasi SEO Blog Wordpress

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Mempunyai website yang menarik dengan tampilan yang elegan menjadi impian banyak orang. Namun, semenarik apapun bila tidak ada pengunjungnya maka hal ini akan menjadi sia-sia. Bagi pemilik website, pengunjung merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan website. Setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari. Untuk bisa mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari, memerlukan strategi optimasi SEO. Artikel ini akan membahas cara optimasi SEO Blog Wordpress.

Ada banyak cara optimasi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO WordPress Anda. Diantaranya yaitu menentukan keyword untuk artikel, mengatur permalink, menggunakan plugin SEO, dan sebagainya. Dari banyaknya pilihan optimasi yang ada, Anda perlu fokus pada hal-hal yang akan Anda lakukan terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel: Optimasi SEO On Page

Langkah-langkah Optimasi SEO Blog Wordpress

1. Unduh Plugin SEO WordPress

Terdapat banyak macam plugin yang dapat Anda instal seperti plugin untuk kecepatan, keamanan, backup, SEO, dan lain sebagainya.

2. Riset Kata Kunci

Dalam mencari kata kunci, Anda membutuhkan tools untuk melakukan riset kata kunci. Karena penggunaan tools tersebut untuk menampilkan informasi seperti tingkat persaingan, jumlah pencarian, dan lain sebagainya. Telah banyak tools gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu mencari dan riset kata kunci seperti KWFinder, SEMRush, Google Keyword Planner, Ahrefs, SEMrush, ubersuggest, dan lainnya.

3. Tetapkan Kata Kunci Postingan

Selanjutnya, hasil dari riset kata kunci perlu Anda masukkan dalam postingan. Kata kunci yang terfokus ini akan membuat pengunjung atau mesin pencari mudah memahami artikel Anda.

4. Tetapkan Title Tag

Cara memasukkannya, silakan Anda masuk ke kolom SEO title dari plugin Yoast SEO. Disarankan untuk meletakkan keyword pada awal title tag. Sebagai contoh, jika keywordnya adalah Optimasi SEO WordPress, Anda dapat menggunakan judul Optimasi SEO WordPress dengan 16 Langkah Mudah.

5. Tambahkan Meta Description

Selain title tag, meta deskripsi juga bisa mempengaruhi CTR. Semakin baik meta deskripsi akan semakin tinggi pula CTR pada artikel Anda. Sehingga hal ini akan mempengaruhi peringkat pada mesin pencari, karena semakin tinggi CTR semakin besar kemungkinan website Anda muncul pada hasil pencarian.

6. Tambahkan Alt Text pada Gambar

Penggunaan Tag ALT untuk menentukan seberapa relevan antara gambar dengan konten yang dibuat. Sehingga penambahkan tag Alt cukup penting Anda lakukan pada setiap gambar pada website.

Itu dia 6 langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai optimasi SEO Blog Wordpress. Semoga cara tersebut dapat meningkatkan trafik pengunjung website Anda. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih jauh terkait SEO, Yuk segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami