Farah Salsabil

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Cara Riset Kata Kunci Tokopedia

2 tahun yang lalu - By Farah Salsabil

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan internet yang memungkinkan para pemilik bisnis di Indonesia untuk mengelola dan mengembangkan bisnis online secara mudah. Pembeli akan memperoleh pengalaman belanja online yang lebih aman dan nyaman melalui Tokopedia. Penjual atau seller Tokopedia juga bisa dengan bebas membuka dan mengelola tokonya secara online dengan mudah. Penting bagi penjual atau seller untuk mengetahui cara riset kata kunci Tokopedia.

Dalam meningkatkan penjualannya, para seller di Tokopedia dapat melakukan riset kata kunci atau keyword terlebih dahulu. Riset ini menjadi salah satu strategi SEO Tokopedia yang membantu para penjual atau seller agar produk yang dijual lebih dikenal banyak orang. Para calon pembeli akan melakukan pencarian produk untuk memudahkan memperoleh produk sesuai kebutuhannya dengan memasukan keyword produk pada mesin pencarian Tokopedia. Hasil pencarian yang dimunculkan oleh Tokopedia biasanya sesuai dengan keyword yang dimasukkan dengan sistem pengurutan. Dengan begitu, para penjual atau seller perlu untuk melakukan riset keyword di Tokopedia agar produk andalannya bisa tampil di halaman teratas pencarian. Bagaimana cara riset keyword produk di Tokopedia? Mari simak penjelasan berikut.

Baca Juga Cara Jualan di Facebook Marketplace

Cara Cek Pesaing dan Keyword di Hal Statistik Wawasan Pasar

Fitur wawasan pasar Tokopedia merupakan salah satu fitur riset keyword atau kata kunci produk yang disediakan oleh pihak Tokopedia. Dengan memanfaatkan fitur ini para penjual atau seller dapat melakukan riset keyword produk yang tepat untuk mereka gunakan. Untuk mengecek pesaing atau competitor melalui wawasan pasar yang ada di Tokopedia, para penjual atau seller harus mempunyai toko yang sudah Power Merchant agar bisa melihat fitur ini di halaman statistik melalui aplikasi Tokopedia Seller ataupun desktop. Berikut ini merupakan Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai penjual atau seller Tokopedia untuk menggunakan fitur wawasan pasar :

  1. Login akun Tokopedia
  2. Masuk ke halaman Tokopedia Seller
  3. Klik statistik pada kolom kiri
  4. Klik wawasan pasar
  5. Lalu, penjual atau seller dapat mengatur kategori produk yang ingin dipantau
  6. Setelah itu, akan ditampilkan halaman berisi peringkat toko, keyword popular, produk yang terlaris, rekomendasi kategori produk, dan inspirasi tren produk.


Cara Riset Produk Tokopedia melalui Fitur Cari Produk

Tokopedia juga menyediakan fitur cari produk yang memudahkan penjual atau seller dalam melakukan riset keyword. Fitur ini berguna untuk mengetahui produk terpopuler dan terlaris yang ada di Tokopedia berdasarkan riset produk keyword di toko tertentu. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan riset produk Tokopedia berdasarkan keyword tertentu:

  1. Pilih form lalu pilih marketplace Tokopedia
  2. Kemudian klik mode 
  3. Pilihlah kategori yang ingin kamu cari atau kamu bisa pilih semua kategori
  4. Isilah keyword produk yang diinginkan
  5. Isilah rentang harga dan centang opsi hanya grosir (opsional)
  6. Pilih kondisi produk yang kamu inginkan
  7. Pilih urutan pencarian yang kamu inginkan
  8. Kemudian pilih berapa maksimal jumlah produk yang muncul di mesin pencarian
  9. Setelah itu klik untuk melakukan pencarian.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melakukan riset keyword di Tokopedia. Semoga bermanfaat. Jika kamu tertarik untuk mempelajari riset keyword dan bisnis online lebih dalam kamu bisa bergabung Bersama kami di Campus Digital!

 

Hubungi Kami