Salwa Nida

Kontributor

11 bulan yang lalu


# marketplace #facebook

Cara Sukses Berjualan di Facebook Marketplace

11 bulan yang lalu - By Salwa Nida

trik Cara Sukses Berjualan di Facebook Marketplace


1. Tetapkan Harga yang Wajar Pada Produk

Menetapkan harga adalah salah satu keputusan yang sulit. Jadi, meskipun Anda ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin, penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda bisa terjual nantinya. Mencantumkan item dengan harga 50 persen atau kurang dari harga eceran aslinya merupakan aturan yang umum. Anda juga bisa melihat barang yang serupa di daerah Anda untuk melihat persaingan dan mengukur kisaran harga.

Jika ingin produk segera terjual, maka Anda dapat memilih untuk mengurangi pasar saat ini dengan memberi harga barang Anda sedikit di bawah daftar produk yang serupa. Atau, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda item yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa, dan sebaiknya sertakan detail dalam deskripsi item yang menjelaskan apa yang membedakan produk Anda dengan produk lain yang serupa.

2. Ambil Foto Produk dengan Kualitas yang Tinggi

Menyediakan foto berkualitas tinggi merupakan salah satu cara terbaik untuk menarik calon pembeli dan memperlihatkan barang secara nyata. Jika bisa, atur item di depan latar belakang netral dan minimalkan gangguan sehingga fokusnya ada pada item itu sendiri. Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi pihak yang berkepentingan. Serta, sebaiknya pastikan pencahayaan karena pencahayaan yang bagus sangat berpengaruh kepada hasil foto.


Contoh foto produk yang baik Contoh foto produk yang baik

3. Buat Deskripsi Produk Secara Rinci

Gambarkan secara detail tentang item atau produk untuk mengurangi menjawab pertanyaan yang sesuai dengan deskripsi dari calon pembeli. Jika informasi tersedia, pastikan untuk menyertakan detail tentang merek, pabrikan, dan nomor model. Berikan pernyataan yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang, termasuk cacat dan tanda expired. Sebaiknya Anda jujur saat menjelaskan barang tersebut, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya. Anda hanya akan membuang waktu Anda sendiri dan juga waktu pembeli jika barang yang dipaparkan tidak sesuai dengan deskripsi saat diterima oleh pembeli.

4. Pastikan Menyertakan Tag Pencarian

Pastikan untuk mencantumkan produk Anda dalam kategori yang benar sehingga mudah ditemukan. Namun, selain menyediakan kategori umum, Facebook Marketplace juga memungkinkan penjual untuk melabeli daftar mereka dengan tag pencarian untuk memudahkan calon pembeli menemukan apa yang mereka cari. Jadi, semisa Anda menjual cermin antik, sertakan tag seperti "vintage", "cermin", "emas", "antik", dan seterusnya. Facebook saat ini mengizinkan hingga 20 tag, dan itu menguntungkan untuk menggunakan sebanyak mungkin.

5. Tanggapi Pertanyaan dari Konsumen Secara Cepat

Transaksi pada Facebook Marketplace cenderung bergerak cepat, jadi penting untuk memantau pesan Anda dengan cermat saat Anda memiliki item yang ditawarkan. Tanggapi pihak yang berminat kepada produk Anda sesegera mungkin untuk menjawab pertanyaan atau bernegosiasi tentang harga. Jika Anda tidak menjawab pertanyaan dalam waktu 24 jam, calon pembeli mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain.

6. Bersedia Untuk Bernegosiasi

Sudah umum bagi calon pembeli untuk menawar sedikit di Facebook Marketplace. Pertimbangkan keuntungan Anda sebelum menetapkan harga, dan bersedialah untuk bernegosiasi jika pihak yang berkepentingan menawarkan jumlah yang sedikit lebih rendah dari harga yang tercantum. Biasanya yang terbaik adalah bersikap fleksibel dan menerima tawaran yang masuk akal daripada menunggu beberapa dolar lagi. Jika Anda memutuskan untuk mencantumkan barang Anda dengan harga terendah yang bersedia Anda terima, pastikan untuk memperjelas dalam daftar bahwa harganya tidak dapat dinegosiasikan.

7. Tawarkan Fitur Pengiriman Produk

Jika barang Anda tidak terjual dengan cepat, pertimbangkan untuk menyertakan penawaran untuk pengiriman produk. Untuk produk yang relatif besar (seperti furnitur ), Anda bisa memberikan pengiriman gratis untuk menarik pembeli. Apalagi Anda tinggal di daerah perkotaan, mungkin banyak pembeli yang berminat tetapi tidak memiliki akses untuk mengangkut barang tersebut hingga ke tujuan mereka. Jadi, mempertimbangkan untuk menawarkan pengiriman barang kepada mereka yang tinggal di luar kota bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan jumlah pembeli potensial.

8. Bersikap Realistis dan Sabar

Sementara beberapa item dengan permintaan yang tinggi akan mudah terjual dengan cepat di Facebook Marketplace. Apabila peminat produk Anda relatif khusus maka Anda harus bersabar dalam menunggu pembeli. Selain bersabar, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menurunkan hargasetelah satu atau dua minggu jika peminatnya kurang atau jika penawaran yang Anda terima harganya jauh lebih rendah. Anda juga dapat memperbarui cantuman produk Anda secara berkala sehingga menjangkau calon pembeli baru. Perbarui postingan setiap 2 minggu untuk hasil terbaik. Sebaiknya, pertimbangkan untuk menurunkan harga antara 5 dan 10 persen setiap kali Anda memperbarui.

Saya yakin, setelah Anda mengikuti 8 langkah cara sukses berjualan di Facebook Marketplace. Maka, bisnis Anda akan semakin berkembang dan bisa bertahan meskipun merupakan salah satu bisnis baru. Karena 8 langkah cara sukses berjualan di Facebook Marketplace ini cukup efektif hasilnya nanti. Jadi, janganlah ragu untuk mengikuti langkah-langkah di atas.

Anda bisa kunjungi artikel Campus Digital

 

Hubungi Kami