Pendri Putra Permana

Publisher

1 tahun yang lalu


#instagram #tips&trik

Centang Biru di Instagram? Begini Caranya!

1 tahun yang lalu - By Pendri Putra Permana

Instagram adalah salah satu jejaring sosial paling populer saat ini. Menurut data dari Hootsuite pada tahun 2023, Instagram menempati urutan ketiga platform jejaring sosial pengguna untuk usia 16-64 tahun.

Pembahasan sangat menarik, apalagi dengan fitur-fitur menarik yang ditawarkan. Lebih dari sekadar aplikasi komunikasi, merek atau pemilik bisnis kini dapat memanfaatkan selebritas atau influencer untuk membantu mempromosikan bisnis mereka. Biasanya, cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang adalah selebritas/influencer adalah dengan mencentang tanda Centang Biru di Instagram mereka.

Logo tersebut sebenarnya merupakan tanda verifikasi dari Instagram yang memastikan bahwa akun tersebut adalah akun asli orang tersebut. Harapannya, pengguna internet tidak tertipu oleh akun palsu yang dibuat oleh orang lain yang mengatasnamakan orang tersebut.

Baca Juga : Cara Menambah Follower IG

Apa itu lencana verifikasi?

Menawarkan lencana verifikasi adalah cara Instagram untuk memastikan itu adalah akun asli dari individu yang diinginkan orang. Badge ini bukanlah bentuk endorsement atau apresiasi terhadap Instagram atau media sosial yang berada di bawah naungan Meta.

Beberapa fungsi utama yang diberikan lencana verifikasi Instagram ini mencakup kemampuannya untuk meningkatkan kesadaran publik akan karakter dan merek.

Apa persyaratan mendapatkan Centang Biru di Instagram?

Untuk diverifikasi, Anda harus mengikuti beberapa persyaratan layanan dan panduan komunitas Instagram. Berikut beberapa syarat dan ketentuan sederhana yang bisa Anda coba:

Akun itu nyata

Dalam hal ini, akun Instagram yang ingin Anda ajukan logo centang harus merupakan akun asli yang mewakili seseorang, bisnis atau organisasi, atau bahkan hewan.

Unik

Selain keaslian, keberadaan akun juga harus unik, yaitu setiap orang/perusahaan hanya memiliki satu akun. Pengecualian ini hanya berlaku jika perusahaan Anda memiliki beberapa bahasa. Ada deskripsi lengkap

Jika Anda ingin mendaftar centang hijau di Instagram, maka setidaknya akun Instagram Anda harus bersifat publik, memiliki profil yang jelas, dan menetapkan gambar profil.

Umum

Instagram akan memeriksa setiap akun untuk melihat apakah itu sangat trend oleh orang-orang. Untuk akun media massa, Instagram umumnya akan mereview konten tentang postingan oleh akun tersebut.

Fitur Centang Biru untuk pemilik bisnis

Selain sebagai figur publik, Anda juga bisa meminta verifikasi untuk merek Anda. Badge ini juga berpotensi membuat akun Anda semakin banyak percaya oleh komunitas. Salah satu cara agar merek atau organisasi mendapatkan tanda centang hijau adalah dengan meningkatkan jumlah siaran pers. Semakin banyak siaran pers merilis oleh media yang relevan, semakin besar kemungkinan suatu merek mendapatkan lencana verifikasi.

Apa persyaratan untuk diverifikasi?

Selain beberapa syarat dan ketentuan yang kami sebutkan di atas, ada syarat lain untuk bisa mendapatkan centang biru di Instagram, yaitu memiliki minimal 10.000 pengikut. Namun jangan pesimis jika belum memiliki 10.000 followers karena itu bukan hal utama yang Instagram nilai.

Bagaimana cara meminta verifikasi akun?

Berikut ini kami berikan beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengajukan verifikasi akun Anda sehingga Anda bisa mendapatkan ikon verifikasi, yaitu:

  • Masuk ke akun Instagram Anda
  • Masuk ke menu profil
  • Arahkan kursor ke menu burger di kanan atas
  • Klik Instal
  • Temukan menu Akun
  • Klik Minta Verifikasi


Lalu, isi data-data yang Instagram butuhkan. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 30 hari setelah pemilik akun mengirimkan verifikasi. Jika pengguna berhasil mengirimkan verifikasi, Instagram akan memberikan konfirmasi tambahan. Namun, meskipun syarat dan ketentuan telah terpenuhi, hal ini tidak menjamin bahwa akun tersebut akan mendapatkan tanda centang biru. Mengapa? Instagram memiliki pertimbangan tersendiri untuk pemberian badge. Bahkan jika Anda berhasil mendapatkan tanda centang biru, Anda tidak dapat mengubah nama akun Anda, jadi pastikan nama akun Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

BEBERAPA TIPS DAN TRIK DALAM DUNIA DIGITAL

Hubungi Kami