Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#contentmarketing # contentwriter # copywriter # digitalmarketing

Content Writer : Prospek Kerja Menjadi Content Writer

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan


Content Writer mungkin sebuah kalimat yang mulai sering terdengar terutama dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini memasuki era digital yang makin berkembang pesat membuat banyak perubahan yang terjadi dalam dunia pekerjaan manusia. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang berkembang pesat dalam dunia digital ialah. Keahlian dalam menyampaikan informasi merupakan suatu hal yang vital dalam pemilihan seorang penulis konten. Lalu apa sih pengertian dari content writer ?? dan bagaimana prospek kerjanya ??? Yuk simak tulisan berikut ini

Pengertian

Content writer adalah seorang penulis profesional yang memiliki keahlian menulis untuk berbagai konten di media online maupun platform lainnya. Dibalik konten, artikel, maupun informasi yang ada dalam media maka disitulah terdapat peran penulis konten. Tujuan penulisan lebih berfokus untuk mengkomunikasikan konten atau informasi yang ingin mereka sampaikan kepada pembaca atau pengunjung dengan jelas serta menarik.

Selain itu ia juga memiliki peran untuk menarik perhatian konsumen atau pembaca. Walaupun dari segi tujuan lebih mengarahkan kepada konten dibandingkan dengan marketing, namun dasar atau awal konsumen atau pembaca bisa tertarik kepada suatu produk akan bermula ketika mereka membaca konten dan informasi yang dibuat. Karena itu, perusahaan akan membutuhkan seorang penulis konten untuk membuat sebuah produk dan jasa memiliki branding yang baik sebab penyampaian informasi secara menarik dan efektif sangat penting untuk perkembangan dan peningkatan citra perusahaan produk atau jasa tersebut. Oleh karena itu penting bagi penulis konten untuk membuat tulisan yang bisa menarik perhatian konsumen serta meningkatkan produktivitas dari perusahaan.

Prospek Kerja Content Writer

Jika kita melihat pada kebutuhan industri saat ini maka bisa kita lihat bahwa prospek kerja seorang content writer menjadi beragam. Bukan hanya menjadi seorang penulis namun banyak prospek pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut. Berikut beberapa prospek kerja tersebut:

SEO Content Writer

Jenis prospek kerja yang biasanya terdapat pada seorang content writer ialah menjadi penulis SEO. Penulis konten SEO merupakan seorang penulis konten yang menulis berdasarkan kata kunci yang sesuai dengan hasil riset SEO yang mereka lakukan. Hal ini memiliki tujuan agar tulisan yang dibuat bisa menempati peringkat yang bagus dalam mesin pencari.

Konten Generalis

Konten generalis merupakan seorang penulis konten yang menulis konten sebanyak mungkin tanpa adanya batasan tema. mereka biasanya memiliki tujuan untuk memperkenalkan suatu brand.

Penulis Konten Media Sosial

Melihat perkembangan media sosial yang terus meningkat tajam maka kebutuhan seorang penulis konten media sosial menjadi meningkat. Penulis konten media sosial merupakan penulis yang bertanggung jawab terhadap konten-konten yang ada di media sosial. Bahkan pada beberapa perusahaan mereka akan mengelompokkan penulis konten media sosial sesuai dengan keahlian sosial medianya masing-masing. Hal itu mereka lakukan dengan pertimbangan bahwa media sosial memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing. 

Nah itulah penjelasan singkat mengenai content writer serta prospek kerja yang ada padanya. Ternyata peran penulis konten itu cukup vital bagi suatu perusahaan sehingga banyak perusahaan yang sudah mulai mencari karyawan pada posisi tersebut untuk melengkapi kebutuhan perusahaannya. Kira-kira kalian sudah tertarik apa belum untuk menjadi seorang content writer??. Belajar dan Ikuti Uji Sertifikasinya DISINI

Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua untuk memahami pekerjaan content writer serta prospek kerja yang ada padanya. Untuk teman-teman jangan lupa tetap pantau media online kami untuk melihat artikel menarik lainnya ya !!!!

Pelajari artikel lainnya DISINI!

Hubungi Kami