Randy

Kontributor

2 tahun yang lalu


#tips&trik #wabsite #marketplace

Content writer vs Copywriter, apakah sama?

2 tahun yang lalu - By Randy

Di era digital seperti saat ini, banyak pengguna media sosial yang memiliki ketertarikan terhadap bidang yang berhubungan dengan internet. Baik kepentingan perusahaan maupun pengguna pribadi, keduanya memiliki target yang sama agar di kenal oleh kalangan luas. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk menggunakan copywriting ataupun content writing yang mampu menarik para pembaca.

Akan tetapi, seringkali terlintas apabila copywriter dengan content writer merupakan bidang yang sama dalam pekerjaannya. Padahal, keduanya berbeda lho! Kira - kira apa saja ya perbedaanya? Yuk simak!

Copywriter bertugas dalam hal merangkai sebuah kata sekaligus sebagai konten kreatif yang bertujuan untuk menginformasikan suatu produk atau jasa tertentu, serta berhubungan dengan citra suatu perusahaan tersebut. Copywriter memiliki titik fokus yang penting agar pembaca mampu meyakinkan konsumen untuk memutuskan membeli produk yang tertera tersebut. Walaupun sekilas mirip seperti content writer, kesulitan yang dihadapi oleh seorang copywriter adalah menerjemahkan sebuah pengetahuan produk menjadi solusi yang dibutuhkan oleh target pasar.

Sedangkan, content writer bertugas untuk memproduksi konten yang berisi tulisan menarik di media berbasis online. Konten tersebut dapat berbentuk blog, artikel, serta media online lainnya. Seorang content writer juga perlu memperhatikan keselarasan yang berkaitan antara tulisan dengan website dan gambar. Selain itu, kreatifitas sangat penting bagi seorang content writer agar menarik peminat pembaca dan penting juga untuk menulis sesuai dengan target audiens.

Kedua bidang di atas memiliki keterkaitan yang sama dalam bidang marketing. Strategi yang terdapat dalam digital marketing memuat dua bidang tersebut untuk meraih target pasar. Dengan pemilihan kata dan kemampuan SEO yang baik, maka sebuah tulisan dalam media online akan menjangkau banyak konsumen sesuai dengan targetnya.

Baca juga mengenai: Penggunaan E-mail Marketing

Baik menjadi seorang copywriter maupun content writer, diperlukan untuk mengasah kemampuan menulis dan kreatifitas tinggi.

Nah, jadi seperti itu ya perbedaan sekilas diantara copywriter dan content writer. Apakah kamu tertarik salah satunya?

 

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami