Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website

DA dan PA Blog: Pengertian dan Penjelasannya

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kalian seorang pemilik blog atau website, pasti sering sekali mendengar istilah DA atau PA. Skor DA atau PA adalah salah satu faktor yang bisa kalian jadikan patokan untuk menilai apakah suatu blog berkualitas atau tidak. Makin tinggi nilai DA/PA, maka semakin tinggi pula ranking website di halaman mesin pencari.

Nah, artikel ini akan membahas secara setail mengenai apa itu DA dan PA. Simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Domain Authority (DA)

Secara umum, Domain Authority adalah suatu metrik untuk mengukur kualitas sebuah domain dari segi SEO (Search Engine Optimization).

Skor DA (Domain Authority) pertama kali muncul pada saat Google secara resmi mengumumkan untuk menghapus PageRank sebagai metrik pengukuran website. Jadi, DA lahir dengan tujuan untuk membuat metrik yang mirip seperti PageRank (PR).

Apa Itu Page Authority (PA)

Page Authority adalah metrik turunan untuk melengkapi Domain Authority. Fungsi PA hampir sama, yaitu untuk mengetahui kualitas suatu blog. Namun, berbeda dengan DA, perhitungan PA hanya berdasarkan pada satu halaman saja.

Oleh sebab itu, dalam satu blog atau website skor PA atau Page Authority dari tiap halaman bisa berbeda-beda. Hal yang mempengaruhi adalah jumlah backlink yang menuju ke halaman kita, traffic organic, serta konten yang kita sajikan.

Memahami Pentingnya DA dan PA

Untuk mendapatkan kepercayaan dalam banyak hal kita memerluka authority atau otoritas. Di dunia marketing misalnya, pada saat customer mempercayai kalian, kalian pun akan menjadi sumber daya utama dalam membangun hubungan dengan mereka dari waktu ke waktu.

Memperoleh kepercayaan jelas akan memberikan banyak dampak yang luar biasa. Kita akan menghasilkan lebih banyak traffic dan prospek, mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari para profesional industri, dan membantu perusahaan dalam mendorong penjualan.

Mesin pencari mempertimbangkan banyak hal saat menentukan tingkat otoritas yang suatu situs website atau blog. Namun, terdapat dua faktor yang perlu kalian jadikan perhatian dan fokus. Dua hal tersebut ialah konten dan tautan. Simak penjelasannya berikut ini :

Konten

Kalian perlu untuk membuat konten yang relevan dengan kueri penelusuran. Bot mesin pencari akan menganalisis struktur, bahasa, serta elemen-elemen lain untuk memahami seberapa baik blog atau website membahas suatu topik dan seberapa banyak konten dapat memberikan manfaat bagi pengguna yang mencari jawaban. Halaman akan di indeks dan selanjutnya algoritma mulai menilai sinyal eksternal, yang mengarah ke faktor besar berikutnya.

Baca Juga: Konten TikTok Bisa Viral, Yuk Simak Tipsnya

Tautan/Link

Backlink bertugas sebagai suara kepercayaan dari satu situs ke situs lainnya yang mana konsep ini disebut ekuitas tautan (link equity) atau jus tautan (link juice). Membuat tautan berkualitas tinggi adalah cara untuk memperkuat otoritas di dunia maya. Saat kalian mendapatkan tautan dari situs dengan profil tautan yang berkualitas tinggi, artinya kalian telah meningkatkan potensi ranking SERP.

Itulah mengapa kalian tidak bisa cukup membuat konten dan berharap orang lain akan menautkan link ke website kalian. Kalian perlu membuat proses pembuatan tautan proaktif untuk dapat mulai melihat hasil dan meningkatkan metrik SEO khusus otoritas Anda.Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami