Elok Fajar Mardiana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #pembelajarandaring #konvesional

Efektivitas Pembelajaran Daring Vs Konvensional

2 tahun yang lalu - By Elok Fajar Mardiana

Efektivitas Pembelajaran Daring Vs Konvensional

Efektivitas pembelajaran daring

Sumber : Akupintar.id

Adanya pandemi covid 19 telah memberikan perubahan yang cukup signifikn terhadap berbagai bidang kehidupan. Salah satunya yaitu bidang pendidikan. Sekarang ini sudah tidak asing bagi dunia pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran melalui daring. Penerapan pembelajaran daring ini sudah menyentuh seluruh tingkatan mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Meskipun banyak keluhan, namun pembelajaran daring ini banyak yang mengatakan cukup efektif jika daripada pembelajaran konvensional.

Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran dengan menggunakan bantuan teknologi internet dan dilakukan secara tidak langsung atau tanpa tatap muka antara guru dan peserta didik. Dalam proses pembelajarannya Guru sebagai pengajar dapat melakukan pembelajaran secara bersama pada waktu yang sama melalui berbagai media belajar. Adapun media belajar pada proses pembelajaran dapat menggunakan media sosial, seperti Whatsapp (WA), Aplikasi Zoom, Google Meet maupun media lainya. Selain itu guru juga dituntut untuk dapat mendesain pembelajaran daring yang menarik dan efektif, dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai. Tidak bisa kita pungkiri bahwa menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas serta kualitas proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya kualitas hasil belajar siswa.

Baca juga Rekomendasi Aplikasi Belajar Online di Android

Apa Saja Kelebihan Pembelajaran Daring?

Perlu kita ketauhi bahwa selain memiliki efektivitas, penerapan pembelajaran daring ini memiliki beberapa kelebihan antara lain :

1. Biaya Lebih Terjangkau

Sudah pasti dalam proses pembelajaran kita tentunya ingin mendapatkan ilmu tanpa terkendala sesuatu. Selain memiliki biaya yang lebih terjangkau dan efisien, kamu bisa mengakses pembelajaran daring ini cukup dengan memiliki modal smartphone dan kuota internet. Hal tersebut akan memangkas biaya lainnya seperti biaya transportasi, buku dan lainnya.

2. Fleksibel

Pada pembelajaran daring ini, waktu dalam proses belajar mengajar lebih fleksibel dan juga kita akan lebih mudah menyesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.

3. Kemudahan dalam Mengakses

Cukup dengan menggunakan smartphone kita sudah bisa mengakses pembelajaran daring ini dimanapun dan kapanpun. Selain itu, melalui pembelajaran daring ini kita bisa menyimpan berbagai materi pada proses belajar serta dapat merasa lebih nyaman dan tenang.

Namun perlu kita ketauhi dalam proses belajar mengajar menggunakan daring ini membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung agar pelaksanaan pembelajaran daring ini berjalan dengan lancar.

Kunjungi juga webiste Campusdigital

Hubungi Kami