Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #konsepdigitalmarketing #seo

Google SERP dan SEO, Apa Hubungannya?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Pada saat mempelajari SEO, kalian pasti sering mendengar istilah Google SERP. Sebenarnya, Google SERP itu apa, sih? Apa hubungannya dengan SEO?

Pengertian Google SERP

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Pages yang berarti halaman yang menampilan hasil pencarian di mesin pencari.

SERP biasanya memunculkan hasil pencarian organik dan berbayar atau sering disebut dengan iklan atau ads.

Hal yang menarik dari Google SERP adalah tidak semua tampilan hasil pencarian antara pengguna yang satu dengan pengguna yang lain itu sama. Padahal kata kunci yang mereka cari sama. Mengapa bisa begitu?

Jadi, penjelasan dari mengapa tampilan SERP antara satu pengguna dengan yang lainnya dapat berbeda ialah sebab terdapat beberapa faktor yang memicu. Faktor tersebut berupa dari tempat tinggal pengguna, riwayat pencarian, media sosial yang sering digunakan, dan masih banyak faktor-faktor lainnya.

Itulah mengapa, apabila kalian tinggal di Indonesia, sudah pasti hasil pencarian Google-nya akan berbeda dengan orang yang tinggal di Amerika atau di negara lainnya meski kata kunci yang mereka cari sama.

SERP & SEO

Setelah mengetahui apa itu Google SERP, saatnya kita mencari tahu apa kaitannya SERP dan SEO.

Baca Juga: 3 Kiat Sukses Menerapkan Teknik SEO

SEO dan SERP memang sudah menjadi satu kesatuan, sebab tujuan akhir dari optimasi SEO pada semua halaman website atau blog adalah untuk mendapatkan posisi di halaman mesin pencari, khususnya di Google.

Dari situ, kita dapat menyimpulkan bahwa SEO adalah upaya yang seseorang lakukan secara gratis terhadap suatu halaman atau website agar dapat tampil di SERP sehingga traffic kunjungan website dapat meningkat.

Tetapi, terdapat satu hal yang perlu kita ingat dan pahami bersama. Munculnya halaman website pada Google SERP tidak serta merta memberikan keuntungan bagi website Anda. Mengapa? Sebab hanya website yang muncul di halaman pertama sajalah yang akan mendapatkan dampak yang cukup signifikan bagi kunjungan traffic menuju website.

Kenapa hanya halaman pertama saja? Hal ini karena pengguna menganggap bahwa halaman pertama merupakan situs-situs yang relevan dengan hasil pencarian yang mereka inginkan. Bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa apabila website berada di halaman pertama Google SERP, maka prosentase untuk mendapatkan klik oleh user adalah sebesar 31,7%. Sedangkan apabila website muncul di halaman kedua SERP, maka peluang untuk pengguna untuk melakukan klik hanya sebesar 0,78%. Jauh sekali kan perbedaannya?

Maka dari itu, bukanlah hal yang mengherankan apabila banyak orang ataupun perusahaan yang berlomba-lomba dalam mencari SEO Specialist handal. Biaya yang mereka keluarkan pun tidak tanggung-tanggung. Ini semua untuk menerapkan strategi SEO ke website mereka agar dapat berhasil tampil di halaman pertama SERP.

 

Itu dia yang bisa kamu ketahui tentang Google SERP. Semoga artikel ini dapat membantu kalian. Jika kamu masih ingin tahu lebih banyak soal SEO, coba ikuti program di Campus Digital aja!

 

Hubungi Kami