Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #bloger

Ingin Menulis Blog Berkualitas ? Tips Blogger Pemula

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Saat ini ada banyak sekali blog di internet dengan mengangkat topik yang inovatif. Jika Anda Blogger pemula, maka Anda harus melakukan beberapa hal untuk membantu blog Anda muncul dalam pencarian di internet.

Anda harus mengikuti tips bagi pemula ini untuk membuat blog Anda memiliki banyak pembaca. Hal yang harus Anda lakukan sebagai blogger pemula yaitu :

Menulis Blog dengan Bahasa Sederhana dan Efektif

Anda harus menulis blog menggunakan kata yang sederhana dan tidak rumit. Hal tersebut membantu pembaca Anda menjadi lebih mudah menyerap informasi yang Anda berikan melalui blog Anda.

Anda dapat menjadi blogger sukses ketika Anda bisa menulis blog secara sederhana namun membangkitkan perasaan pembaca dan Anda tidak terlihat sok tahu. Terlalu banyak kata-kata yang rumit dapat menjadi hambatan besar dan menguras tenaga Anda sendiri dalam menulis blog. Selain itu, untuk membangun "merek" blog pribadi Anda, Anda harus menulis blog sesuai pengetahuan Anda sehingga akan menjadi ciri khas untuk Anda.

Menulis Blog dengan Topik dan Sudut Pandang yang Unik

Apa pun topik yang Anda pilih untuk blog, kemungkinan besar topik tersebut sudah ditulis oleh Blogger lain. Walaupun seperti itu, topik yang umum, hampir selalu dapat didekati dengan sudut pandang baru. Oleh karena itu, Anda harus bisa menulis blog dengan pembawaan Anda sendiri, sehingga hal-hal unik yang Anda tuliskan di blog Anda dapat mereka pandang dengan tulus.

Baca juga mengenai : 3 Kiat Sukses Menerapkan Teknik SEO

Mengenali Audiens Anda

Hal ini merupakan suatu hal yang penting namun umumnya sering terabaikan oleh blogger. Untuk dapat selalu menarik perhatian pembaca blog Anda, Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu siapa mereka. Setelah Anda mengenal mereka dengan baik, Anda dapat memberikan blog yang lebih baik dengan kalimat, gaya referensi dan gaya budaya yang sesuai dengan gaya mereka.

Misalnya, jika target pembaca Anda adalah remaja, Anda dapat memasukkan referensi budaya pop dan slang perkotaan. Namun, jika postingan blog Anda menargetkan audiens dewasa maka Anda dapat menggunakan sedikit kata-kata formal tergantung pada subjek blog Anda.

Membuat Postingan Blog Anda Mudah Dibaca

Membuat postingan blog yang mudah dibaca adalah tugas Anda sebagai penulis. Seperti yang dikatakan penulis naskah terkenal Bond Halbert "Tulisan yang baik menciptakan bacaan yang mudah."

Untuk melakukan ini, Anda perlu mempelajari cara mengedit tulisan Anda agar mudah dibaca.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat audiens mudah membaca tulisan Anda

  • Menggunakan paragraf pendek. Paragraf panjang pada teks menakutkan pembaca, tetapi paragraf pendek mengundang mereka masuk.
  • Mengurangi kalimat yang panjang. Orang biasanya membaca dengan suara pikiran mereka. Karena itu, kalimat yang panjang membuatnya sulit untuk diikuti. Pisahkan kalimat-kalimat ini dengan menggunakan "dan", "karena" dan "atau".
  • Menggunakan multimedia. Video, gambar, GIF dan lain-lain dapat membantu lebih lanjut mengilustrasikan poin Anda tanpa harus menambahkan lebih banyak kata.
  • Menggunakan pemformatan. Tebal, miring dan tanda kutip akan menambahkan penekanan ekstra pada kalimat tertentu.
  • Baca salinan Anda dengan keras. Hal ini membantu Anda untuk menentukan kalimat mana yang Anda menurut Anda tidak nyambung atau membosankan.

Menulis Judul yang Luar Biasa

Kebanyakan orang menemukan konten melalui pencarian dan mereka cenderung memutuskan mana yang akan dibaca berdasarkan judulnya.

Hal itu membuat judul blog menjadi bagian paling penting dari blog Anda. Oleh karena itu, Anda harus belajar bagaimana menulis yang menarik perhatian orang dan membuat mereka ingin membaca blog Anda.

Namun, bukan berarti Anda harus menulis clickbait. namun Anda harus memahami cara kerja tentang menulis judul headline yang bagus.

Menggunakan SEO

SEO merupakan sebuah layanan dari platfrom menulis blog untuk mengoptimalkan konten blog Anda sehingga mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Secara umum, menggunakan SEO pada blog Anda akan menempatkan kata kunci target Anda di judul dan deskripsi meta. Hal ini membantu menunjukkan kepada calon pembaca bahwa halaman Anda adalah hasil yang paling relevan untuk pencarian mereka.

Menggunakan URL pendek dan deskriptif. URL deskriptif memungkinkan pembaca untuk mengetahui apa yang dibahas dari sebuah halaman, seperti ingin-menulis-blog-berkualitas-tips-blogger-pemula. Pencari hampir pasti akan mengklik hasil yang menunjukkan apa yang mereka harapkan dari halaman.

Catatan : Jika Anda pengguna WordPress, menginstal plugin seperti Yoast SEO akan membuat tips di atas lebih mudah diterapkan, karena akan membantu Anda menemuka kata kunci yang terkait dengan blog Anda.

Menulis Setiap Hari

Menulis blog membutuhkan komitmen yang tinggi, karena jika ingin menjadi blogger profesional harus membangun awal secara perlahan. Salah satu hal yang penting untuk menjadi blogger profesional yaitu menulis blog setiap hari.

Proses ini mengasah keterampilan menulis dan nantinya akan membantu mempopulerkan blog Anda.

Memulai blogging membutuhkan kerja keras. Anda perlu menulis blog secara konsisten, mempromosikan artikel Anda dan banyak lagi.

Banyak blogger telah mengalami pasang surut, namun dengan pengalaman tersebut akan membangun Blogger untuk menjadi lebih baik lagi.

Yuk kunjungi dan bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami