Putri Devi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #sejarahbloger

Inilah Bagaimana Sejarah Blogger Indonesia Muncul

2 tahun yang lalu - By Putri Devi

Blog sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum yang berguna untuk memberikan berbagai macam informasi maupun menyalurkan hobi menulisnya. Lalu sejak kapan sih blog itu ada dan bagaimana sejarahnya di Indonesia? Anda penasaran? yuk kita lihat penjelasannya berikut ini

Sejarah Blogger Indonesia

Di Indonesia sendiri, awalnya blog dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Blog”. Berkat inisiatifnya mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa Indonesia menyebutnya sebagai Bapak Blogger Indonesia, The Jakarta Post adalah salah satunya.

Tidak hanya berhenti memperkenalkan blog pada orang banyak melalui postingan awalnya. Enda juga aktif berbicara dan memperkenalkan apa itu blog secara luas di berbagai media.

Pada tanggal 27 Oktober 2007 Enda Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger. Acara ini bertujuan untuk saling bersilaturahmi antar sesama para blogger Indonesia. Dalam acara tersebut para blogger bisa saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.

Dikarenakan perkumpulan pertama para blogger pada hari itu. maka pada tanggal 27 Oktober 2007 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional atas inisitif dari Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh di sambutan pembukaan acara. Setelah itu, pada tahun 2015 mengalami peningkatan dalam pengguna blog di Indonesia.

Baca juga mengenai Konsep dan Sejarah Digital Marketing

3 Generasi Blog

Dengan seiiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia blog di Indonesia dibagi menjadi 3 generasi, yaitu:

1. Generasi Awal (Tahun 1998-2001)

Para generasi awal ini biasanya orang-orang menulis blog dengan tema jurnal pribadi. Mereka berkumpul pada search engine msn.or.id yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Para blogger generasi pertama ini menggunakan tools dari livejournal.com ataupun blogger.com.

2. Generasi Kedua (Tahun 2001-2002)

Pada periode 2001-2002 mulai bermunculan komunitas blogger Indonesia. Terdapat komunitas blogbugs, angkringan (Jogjakarta), bbv.or.id (Bandung), tukanglenong (Jakarta). Isi dari blog masih berkutat seputar jurnal pribadi saja. Jumlah blogger pada periode ini meningkat dengan pesat. Tools yang mereka gunakan adalah blogger.com, pMachine, dan MT.

3. Generasi Ketiga (Tahun 2004 – Sekarang)

Generasi ketiga ini bisa dibilang lebih modern dan menguasai teknologi dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya. Tema blog pun sudah mulai bergeser dari jurnal pribadi menjadi tema umum yang banyak dicari oleh pengguna internet. Generasi ketiga ini umumnya menggunakan tools dari WordPress dan juga blogspot.

 Yok kunjungi dan bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami