Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


#campusdigital # digitalmarketer # digitalmarketing # konsepdigitalmarketing # kursusdigitalmartketing # kursusonline # sejarahdigitalmarketing

Konsep dan Sejarah Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina


Banyak sekali orang di luar sana menggunakan istilah digital marketing tanpa mengetahui bagaimana konsep dan sejarah dari digital marketing itu sendiri. Secara mendasar yang orang ketahui mengenai digital marketing adalah pemasaran menggunakan media sosial atau internet. Sebelum menggunakan istilah digital marketing, ada baiknya kita mengerti bagaimana sih konsep dari istilah tersebut. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas apa sih digital marketing itu, bagaimana konsepnya serta sedikit sejarah munculnya era digital marketing di kehidupan kita sekarang. So, simak artikel ini baik-baik ya!

Apa sih Konsep Digital Marketing?

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yaitu mempromosikan suatu produk atau brand dengan bantuan media digital yang berbasis internet. Dalam menarik konsumen, digital marketer atau perusahaan yang memiliki suatu produk berlomba-lomba membuat konten semenarik mungkin untuk menampilkan produk mereka dalam kegiatan pemasaran berbasis digital.

Baca juga Tools Digital Marketing yang Wajib Kamu Miliki

Ada 5 konsep yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan kegiatan digital marketing, yaitu:

  • Produksi ide di mana konsumen lebih suka dengan produk yang sudah ada serta terjangkau.
  • Produk ide, di mana konsumen lebih suka dengan produk yang memiliki kualitas, fitur dan kinerja yang bagus atau baik.
  • Penjualan ide, di mana konsumen tidak akan membeli produk yang belum mereka ketahui sebelumnya.
  • Pemasaran filosofi, di mana manajemen perusahaan tetap bergantung sesuai kebutuhan serta keinginan walaupun sudah menyatakan semua yang berhasil tercapai.
  • Pemasaran berwawasan sosial, di mana perusahaan harus mengambil keputusan strategi pemasaran yang sesuai dengan kepentingan serta keinginan konsumennya.

Sejarah Singkat Munculnya Digital Maketing

Istilah digital marketing ada sejak tahun 1990 yang disusul dengan lahirnya istilah World Wide Web atau yang biasa kita kenal dengan ‘www’ pada tahun 1991. Dua tahun berlalu, muncul lah banner iklan berbasis online yang dapat kita gunakan untuk melihat promosi terkait berbagai produk dengan cara mengklik banner tersebut. Pada tahun 1994, Yahoo! lahir menjadi e-commerce pertama di dunia dan dapat digunakan untuk berbelanja online oleh 16 juta pengguna internet pada masanya sebelum mengalami kebangkrutan.

Digital marketing berkembang pesat pada tahun 2000an, banyak layanan online yang hadir serta dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia di dunia. Mesin pencari, blog, email, aplikasi pesan instan, video streaming hingga aplikasi pemutar musik pun bermunculan. Kehadiran media sosial pun semakin melengkapi era digital marketing seperti Facebook dengan Facebook Adsnya. Manusia pun mulai hidup dengan kebiasaan baru yaitu tidak lagi mengunjungi toko konvensional untuk berbelanja melainkan menggunakan toko online saja.

Konsep Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia

Setelah membaca tulisan di atas, apakah kamu sudah paham konsep dan sejarah digital marketing? Apa kamu tertarik untuk mempelajari digital marketing lebih dalam lagi? Jika tertarik, kamu bisa mengikuti kursus digital marketing di Campus Digital sebagai salah satu penyedia kursus digital marketing di Indonesia. Yuk, lihat info selengkapnya dan daftar di sini!

Hubungi Kami