Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#google ads # instagram ads

Instagram Ads : Mengenal dan Memahami Instagram Ads

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Instagram Ads : Mengenal dan Memahami Instagram Ads

Instagram merupakan salah satu media sosial favorit yang banyak digunakan oleh masyarakat. Menurut data dari tempo.co, pada Juni 2017 Indonesia tercatat memiliki 45 juta pengguna aktif Instagram. Sebuah data yang membuat instagram menjadi salah satu ladang strategis dalam digital marketing. Salah satu fitur yang ada dalam instagram adalah instagram ads. Pada artikel ini kita akan membahas dan memahami cara kerja instagram ads.

Pengertian Instagram Ads

Instagram Ads adalah platform iklan di media sosial Instagram. Kita bisa membuat iklan pada feed Instagram maupun InstaStories melalui platform ini. Fitur yang menjadi keunggulannya adalah bentuk iklan yang terlihat hampir sama dengan postingan foto & video biasa yang membuatnya tidak terkesan agresif seperti tipe ads pada platform lain.

Setelah diakuisisi oleh Facebook, fitur ini pun akhirnya menggunakan sistem targeting yang sama seperti Facebook. Hal ini memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk memperoleh informasi pengguna dan penargetan yang spesifik, seperti dari lokasi, usia, jenis kelamin, hobi, ketertarikan, dll.

Instagram ads menyediakan beberapa variasi seperti format ads yang beragam seperti gambar, video, atau carousell. Selain itu, mereka juga memberi ajakan kepada para penggunanya untuk meningkatkan engagement, salah satunya dengan adanya button ajakan seperti, follow, mengunjungi website kita, atau men-download aplikasi.

Baca juga 5 Tips Membuat Video Instagram Ads

Istilah-Istilah Penting

Dalam instagram ads banyak sekali istilah yang harus kita pahami. Hal ini bertujuan agar memudahkan kita dalam memahami penggunaan fitur tersebut. Berikut adalah istilah penting yang harus kita pahami dalam menggunakan tools ini.

  • Ads Manager

Ads Manager adalah tools iklan dari Facebook yang memungkinkan kita untuk membuat serta mengelola Facebook dan Instagram Ads. Berikut ini merupakan fitur yang tersedia pada Ads Manager.

  • Membuat dan menjalankan iklan
  • Melakukan targeting
  • Menentukan budget iklan
  • Melihat performance ads
  • Melihat ringkasan, history serta informasi metode pembayaran.
  • Power Editor

Power Editor merupakan sebuah alat iklan dari Facebook yang mereka rancang untuk para pengiklan besar yang ingin membuat, mengedit dan menerbitkan beberapa iklan sekaligus. 

  • Business Manager

Business manager adalah sebuah fitur dalam facebook yang biasa kita gunakan untuk beriklan. Fitur ini bersifat stand alone, yaitu berdiri sendiri, tidak tergantung pembuatnya, dan dapat dipindahkan. Oleh karena itu, satu facebook account bisa memiliki Business Manager lebih dari satu. Selain itu, Business Manager juga bersifat good standing, artinya satu business manager bisa memuat lebih dari 10 Ads.

Itulah ulasan singkat mengenai Instagram ads. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai materi tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini. Campusdigital

Hubungi Kami