Bias Edina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #tips&trik

Instagram : Media Pembelajaran Kekinian

2 tahun yang lalu - By Bias Edina

Kelebihan & Kekurangan Instagram Dalam Pembelajaran

Instagram atau biasa dikenal dengan sebutan IG atau Insta seringkali kita menggunakannya sebagai sosial media. Namun siapa sangka bahwa Instagram juga bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran. Walaupun ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaannya, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa Instagram memang saat sudah masuk ke dunia semua kalangan termasuk pelajar atau pun mahasiswa. Yuk simak penjelasannya! Kelebihan dan kekurangan Instagram sebagai media pembelajaran

Kelebihan Instagram Dalam Pembelajaran

]

Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Instagram Sebagai Media Pembelajaran

Terdapat Banyak Fitur

Salah satu alasan Instagram bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran yaitu memiliki cukup banyak fitur yang menarik dan mudah penggunaannya. Salah satu nya fitur siaran langsung. Dengan menggunakan fitur ini, semua orang bisa memberikan ilmu yang mereka punya dan menjelaskannya melalui siaran langsung tersebut. Dan bahkan hasil siaran langsung bisa kita simpan secara otomatis oleh Instagram. Jadi semua orang bisa melihat siaran ulang tersebut. Kemudian dengan fitur lain yaitu reels, feed, story, yang sangat mempermudah semua orang menyampaikan informasi dengan kemasan yang menarik.

Penonton Tak Terbatas

Tidak ada batasan usia, artis, wilayah, jumlah, gender, negara, waktu atau hal lain. Karena Instagram bersifat universal dan bisa dijangkau oleh semua orang. Dengan begitu, kita akan semakin banyak mendapat informasi dari siapapun dan kapanpun. Tentu saja semakin menarik dengan warna dan efek unik yang disediakan oleh Instagram. Sehingga para pembaca akan menyerap informasi sebagai media pembelajaran mereka. Jadi wajar saja saat ini Instagram memiliki pengguna yang sangat banyak, apalagi dengan fitur - fitur baru yang selalu mereka kembangkan.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Belajar Online di Android

Sarana Mengekspresikan Diri

Bagi setiap setiap orang, sangatlah penting untuk mengekspresikan diri mereka termasuk untuk pelajar dan mahasiswa. Sebagai generasi Z dan generasi milenial, tentu mereka akan menggunakan berbagai efek, fitur, hingga caption yang menarik agar orang lain tertarik dengan post yang mereka buat. Sehingga wajar jika unggahan - unggahan yang berisi informasi pada instagram saat ini sangat menarik dan tidak monoton. Sesuai dengan ekspresi dari setiap orang. Sebagai contoh, saat ini banyak guru maupun dosen yang memberikan tugas membuat video maupun tugas lain yang perlu mereka unggah melalui Instagram. Dan secara otomatis mereka akan mengerjakan tugas - tugas tersebut dengan kemasan yang sangat menarik.

Kekurangan Instagram Dalam Pembelajaran

Cukup Menghabiskan Banyak Kuota

Instagram adalah salah satu sosial media yang cukup banyak menghabiskan kuota. Hal tersebut karena Instagram merupakan aplikasi berbasis foto dan video. Sehingga apabila menggunakannya secara terus menerus akan membuat sebagian pelajar dan mahasiswa cukup berat dengan tanggungan kuota yang mereka miliki. Kecuali jika mereka menggunakan wifi sehingga tidak akan terbebani dengan kuota.

Keterbatasan Durasi Video

Saat ini Instagram memiliki keterbatasan durasi pada hal video. Pada unggahan feed, ada batasan waktu maksimal satu menit. Sedangkan pada unggahan story, ada batasan waktu maksimal 15 detik. Jika video tersebut lebih panjang, maka akan lanjut ke feed atau story selanjutnya.

Tidak Terfokus Pada Seluruh Informasi

Instagram yang pada dasarnya adalah sebuah media sosial jadi tidak menutup kemungkinan bahwa pada bagian explore akan muncul sangat banyak post - post yang menyimpang dari informasi - informasi yang kita butuhkan. Jadi tak jarang jika pelajar maupun mahasiswa tidak fokus sepenuhnya ke informasi - informasi yang seharusnya mereka cari.

Untuk mengemas keahlian dalam memposting konten dalam sosial media, kita membutuhkan pemikiran dan keahlian dalam pengemasan konten informasi agar terlihat menarik dan tidak bosan dalam penyampaian nya. Kalian tidak perlu khawatir, ada Campus Digital yang akan membantu kalian untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam hal digital. Sehingga mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten. Yuk, bergabung bersama kami sekarang! Klik Disini

 

Hubungi Kami