Albert ifando

Kontributor

11 bulan yang lalu


# marketplace #wabsite

Instagram Sebagai Media Bisnis : Pahami Strateginya !

11 bulan yang lalu - By Albert ifando

Pada zaman sekarang ini penggunaan social media pada masyarakat Indonesia meningkat drastis sebab social media bukan hanya untuk memposting foto atau video saja. Namun, pada social media dapat melakukan penjualan produk bisnis.

Salah satu contoh social media yang paling menonjol terhadap penjualan produk suatu bisnis adalah Instagram. Mengapa demikian ? Karena Instagram bisnis adalah salah satu channel marketing terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda.

Selain Instagram untuk bisnis, Instagram juga dapat memudahkan upaya promosi bisnis online Anda, Instagram sebagai media bisnis dapat mampu dalam hal meningkatkan penjualan e-commerce dengan menyempurnakan fitur Instagram bisnis Anda.

Namun, memiliki akun Instagram bisnis tidak selamanya Anda menggunakannya secara maksimal. Karena sekitar 75 % pengguna Instagram masyarakat Indonesia saat membuka Instagram mereka melakukan aktivitas seperti berbelanja, mencari hal-hal yang menarik guna memberi tahu kerabat apabila melihat suatu postingan yang menarik dan bagus.

Maka dari itu mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara memanfaatkan Instagram yang beralih ke akun bisnis untuk mendukung seluruh bisnis yang Anda lakukan. Oleh karena itu pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai Instagram tentang bisnis.

Yuk sebelum baca lebih lanjut, simak artikel berikut ya !

4 Dasar Strategi Pemasaran Bagi Pemula

1.Optimisasi Akun Instagram Bisnis Guna Meningkatkan Identitas Brand

Ketika Anda sudah membuat akun Instagram bisnis, tetapi Anda masih kebingungan apa sih yang harus Anda lakukan agar dapat mengoptimalkan akun Instagram bisnis tersebut.

Oleh karena itu, penulis akan memaparkan dibawah ini dalam hal mengoptimisasi akun Instagram bisnis :

2.Optimasi Username, Profil dan Bio Instagram Bisnis Anda

Biasanya Anda sudah tahu bahwa bio pada Instagram hanya bisa mengandung maksimal 150 karakter. Itulah sebabnya Anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan ruang yang ada, guna memperkenalkan bisnis Anda ke audience.

Kemudian pada bio Instagram tadi, Anda juga dapat memasukkan beberapa branded hastag yang follower Anda mungkin akan gunakan. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu branded hastag.

Branded hastag adalah sebuah hastag yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas product launching, aktivitas promosi, kontes atau quiz, dan events. Dengan branded hastag, orang-orang yang ingin mengetahui atau mencari serta mengikuti hastag itu membuat mereka menjadi lebih tau seputar bisnis yang Anda kelola.

Pada gambar tersebut, penulis ingin memberikan contoh bio Instagram bisnis  kepada kalian yaitu Gojek. Anda bisa membuat branding hastag dan meletakannya di bio Instagram bisnis yang Anda punya seperti Instagram milik gojek tersebut.

Hastag dapat memudahkan Anda untuk memantau sejauh mana bisnis yang Anda kelola telah memikat audiens dan mendapatkan user-generated content.

3. Berkolaborasi dengan influencer yang memiliki industri yang sama

Instagaram bisnis pada masyarakat Indonesia sudah banyak ragam jenisnya. Maka dari itu Anda dapat berkolaborasi dengan influencer yang relevan dengan bisnis Anda serta dapat memengaruhi penjualan produk.

Hal yang bisa Anda lakukan untuk dapat berkerja sama dengan pihak lain yaitu membuat komunitas amal, yang nantinya sebagian penjualan dapat melakukan kegiatan amal atau dengan mem-follow terlebih dahulu akun-akun instagram bisnis yang relevan dengan bisnis Anda.

4.Jangan Menganggap Sepele Kekuatan Content Instagram

Instagram merupakan aplikasi yang paling populer yang berfungsi untuk membagikan foto dan video agar dapat dilihat dengan pengguna Instagram lainnya. Oleh karena itu, konten Instagram adalah elemen paling penting saat melakukan Instagram Marketing.

Pada awal tahun 2010-an, para penjualan Instagram hanya mengandalkan produk yang mereka miliki saja, kini para pebisnis Instagram juga mengandalkan konten-konten yang dibuat untuk meningkatkan brand awareness, engagement, maupun user-generated content yang dimiliki.

Berikut tips yang dapat Anda gunakan dalam hal membuat konten Instagram :

5.Membuat konten pada IGTV/Reels

Karena Instagram merupakan aplikasi yang tidak pernah lepas dari inovasi, maka IGTV/Reels adalah salah satu fitur yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan variasi bisnis pada Instagram seperti promo hari nasional, produk baru, give away dan lain-lain.

6. Membuat konten pada feed Instagram

Selain Anda dapat menggunakan fitur IGTV/Reels dalam hal mempromosikan bisnis yang Anda kelola. Anda juga dapat mempromosikan bisnis tersebut pada feed Instagram. Konten dapat berupa infografis, slideshow yang berisi pengetahuan yang berhubungan dengan produk Anda.

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat yaitu saat ingin mengupload konten ke feed Instagram, jangan pernah mengabaikan caption yang sesuai dengan apa yang ingin Anda upload.

Karena caption dapat memberikan peluang besar bagi bisnis Anda, memungkinkan Anda untuk memperluas gambar, memberikan konteksnya dan bahkan dapat membuat pengikut Anda menjadi tertawa

7. Membuat konten pada Instagram stories

Pada umumnya sebanyaknya 39 persen pengguna Instagram mereka tertarik pada suatu produk setelah melihat Instagram stories. Adanya layanan Instagram stories dapat menjadi ajang bagi Anda dalam hal mempromosikan bisnis dalam batas waktu 24 jam dan saat itu pulalah kreativitas Anda diperlukan.

Kemudian Instagram story untuk bisnis, Anda dapat membuat berbagai jenis konten untuk menggaet viewer. Misalnya konten yang Anda buat tentang testimoni produk, promosi produk baru, diskon, video behind the scene, tutorial, Questions and Answers, bahkan memnbuat konten CTA (Call To Action).

Jika membuat konten Call To Action, Anda bisa melakukan dengan cara menambahkan link ke dalam story Anda dengan perintah swipe up. Tujuan Anda memberikan perintah swipe up tersebut, agar audiens Anda akan diarahkan ke halaman link yang telah disisipkan misalnya website atau youtube dengan cara menggeser layar ke atas

Hal itu akan sangat berguna untuk Anda mendapatkan lebih banyak leads atau traffic secara cepat.

8.Berinteraksi dengan Audiens Untuk Meningkatkan Engagement Brand Anda.

Salah satu elemen penting dalam Instagram Marketing yang Anda perlu ketahui ialah berinteraksi dengan audiens. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan kesadaran tentang eksitensi bisnis Anda kepada konsumen.

Selain itu, dengan terus memberikan kesempatan berinteraksi dengan audiens, Anda dapat menciptakan crowd yang mungkin akan berdampak pada jumlah followers, pembeli atau cakupan lainnya.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan diantaranya : membuat mini quiz melalui Instagram story dengan mengajukan produk yang Anda jual dan menjawab setiap komentar yang masuk pada Instagram bisnis Anda.

Hal ini memang sangar sepele, namun memiliki dampak besar. Dengan merespon cepat komentar konsumen, Anda akan mendapat perspektif positif dari konsumen Anda.

Semoga apa yang sampaikan penulis pada artikel ini, Anda dapat memaksimalkan lagi dengan strategi yang lebih baik. 

Kunjungi web kami di Campus Digital

 

Hubungi Kami