Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #marketplace #wabsite

Intip Tools Untuk Penerapan SEO On Page

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kamu seseorang yang sedang mengembangkan sebuah website atau blog, penting sekali untuk melakukan penerapan SEO On Page. Namun, jika dilakukan secara manual pasti sedikit merepotkan. Maka dari itu, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tools yang bisa membantu kamu dalam optimasi SEO On Page.

8 Tools SEO On Page

Google Keyword Planner

Siapa yang tidak tahu tools satu ini? Tool milik Google ini terkenal sangat efektif dalam membantu optimasi SEO On Page. Dengan Google Keyword Planner kita bisa menemukan keyword baru, dan melakukan riset kata kunci,. Kedua hal itu dapat kita lakukan dengan menggunakan fitur utama Discover New Keyword dan Get Search Volume and Forecast. Melalui fitur ini, kita bisa menemukan kata kuni yang relevan, mengetahui rata-rata volume pencarian, serta tingkat persaingan masing-masing kata kunci.

Selain itu, Google Keyword Planner berada di dalam layanan Google Ads. Jadi, kita juga bisa memanfaatkan tools ini untuk kebutuhan ads atau iklan.

Google Trends

Kalau kalian ingin tahu kata kunci apa yang sedang tren atau populer sekarang ini, Google Trends bisa menjadi salah satu tools dalam membantu praktik SEO On Page. Di platform gratis milik Google ini, kita bisa mengetahui kata kunci yang sedang populer, menambah referensi kata kunci baru, membandingkan performa kata kunci secara historis, dan mengetahui lokasi potensial untuk keywords tertentu

Kelebihan dari Google Trend adalah tools ini bukan hanya memberikan hasil pada pencarian web, melainkan juga hasil dari Google News, Google Images, Google Shopping, bahkan YouTube.

Dengan tool ini, kita bisa merencanakan strategi pembuatan konten sesuai dengan tren kebutuhan pengguna.

Google PageSpeed Insight

Kecepatan website sangatlah penting sekaligus merupakan salah satu faktor yang menaikkan peringkat serta pengunjung. Riset dari Google membuktikan bahwa sebanyak 53% pengguna internet di Indonesia meninggalkan website yang loading lebih dari 3 detik.

Agar pengunjung tidak meninggalkan webstite kalian, cobalah untuk menggunakan tool Google Pagespeed Insight. Tool ini memberikan kepada kalian informasi tentang kecepatan website baik pada tampilan desktop maupun mobile. Selain itu, Google PageSpeed Insight juga memberikan saran bagi website kalian agar kecepatan website bisa lebih optimal.

Yoast SEO

Tools yang satu ini sudah pasti banyak yang tahu. Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO paling populer di kalangan pengguna WordPress.

Yoast SEO memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap, seperti focus keyword, meta deskripsi, meta title, readability, slug, dan lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, Yoast SEO sangat cocok untuk kalian gunakan untuk memastikan apakah konten sudah memenuhi syarat SEO secara real time. Tools ini sangatlah mudah untuk kalian gunakan dan sangat ramah bagi kalian seorang pemula.

Google Search Console

Google Search Console merupakan tool gratis yang bisa mengidentifikasi performa website di ranah organik. Kalian tak perlu lagi meragukan keakuratan datanya, sebab hasil riset yang ditampilkan tentu berasal dari database Google.

Pada saat melakukan pengecekan website dengan Google Search Console, kalian akan mendapatkan informasi berupa statistik perkembangan total klik, impression, rata-rata CTR, hingga rata-rata posisi website.

Data yang ditampilkan oleh tool ini sangatlah lengkap. Namun, bagi kalian seorang pemula, membaca data statistik tersebut cukup menjadi tantangan sebab banyak istilah teknis yang memerlukan waktu untuk bisa memahaminya.

Ubersuggest

Ubersuggest dari neilpatel.com adalah salah satu SEO tool serbaguna yang dapat membantu optimasi website baik secara On Page maupun Off Page. Tool ini memiliki tiga fitur utama, yaitu Keyword Analyzer, Competitive Analysis, dan SEO Explorer.

Ubersuggest mempunyai banyak sekali kelebihan, yaitu adanya fitur riset keyword yang detail, menyediakan laporan data keyword secara umum, memiliki fitur untuk melihat tingkat persaingan website, memberikan rincian traffic berdasarkan keyword maupun halaman populer, memeberikan informasi lengkap terkait pencarian website di ranah organik, bisa mengidentifikasi kekurangan website, dan menyediakan laporan backlink yang mengarah ke website Anda secara detail.

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia secara gratis, alias berbayar. Namun, masuk akal sebab fitur-fitur yang tersedia sangatlah lengkap.

SEMrush

SEMrush adalah salah satu SEO tools terbaik yang dapat menjawab kebutuhan lebih luas seperti online marketing.

Baca Juga: 5 Manfaat BloggingUntuk Bisnis Anda

Dengan SEMrush, kita bisa meningkatkan optimasi SEO On Page dan Off Page menggunakan fitur-fitur seperti competitive research, keyword research, link building, on Page & technical SEO, serta rank tracking .

Data analisis SEMRush cukup lengkap. Selain itu, navigasi SEO tool ini pun sangat intuitif dan terstruktur. Jadi, cocok untuk digunakan oleh pengguna pemula hingga tingkat lanjut

Tool ini berbayar, namun fitur yang tersedia bagi pengguna gratis tetaplah lengkap dan cukup bagi kalian yang masih pemula.

Itu dia beberapa tool yang bisa membantu kalian dalam penerapan SEO On Page. Tiap tool memiliki keunggulannya masing-masing, jadi kalian sangat bisa mengkolaborasikan lebih dari satu SEO tool.

Kalau ingin lebih tahu, tentang SEO, ikuti program dari Campus Digital yuk!

 

Hubungi Kami