Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #blog

Jalankan Blog Sepenuhnya dari Ponsel Anda

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Blogging adalah cara yang bagus untuk berbagi pengalaman dan petualangan Anda dengan seluruh dunia dan saat ini dapat menjalannkannya melalui ponsel seluler. Hal tersebut karena sebagian besar dari kita menjalani kehidupan yang sibuk, sehingga sulit untuk menyisihkan waktu ketika kita tiba di rumah untuk memperbarui blog kita secara teratur.

Oleh karena itu, saat ini Blogger banyak yang menggunakan ponsel mereka untuk mengelola blog mereka. Berikut adalah aplikasi untuk mendukung proses pembuatan blog dari ponsel Anda.

Baca juga mengenai : Konten TikTok Bisa Viral?Yuk Simak Tipsnya

Menggunakan Blogger di Ponsel Seluler

Aplikasi seluler Blogger memungkinkan Anda mengeposkan, mengedit, menyimpan, dan melihat entri blog Anda. Siapa pun yang memiliki smartphone dengan dapat mengunduh aplikasi.

Penting: Untuk mengeposkan dengan aplikasi seluler Blogger, Anda harus sudah memiliki Akun Google dan blog yang dibuat dari komputer.

Anda dapat mempublikasikan posting dari mana saja, kapan saja dengan aplikasi. Saat Anda menggunakan ponsel Anda untuk blogging, maka Anda dapat menulis dan mengedit blog Anda melalui ponsel seluler Anda dan menyimpannya sebagai draft. Kemudian Anda dapat mengeditnya menggunakan komputer untuk mengubah pengaturan, tata letak, atau memeriksa statistik Anda, Anda dapat menggunakan dasbor Blogger di web.

Apa yang dapat Anda lakukan di aplikasi

Saat Anda masuk dengan Akun Google Anda, Anda dapat menelusuri, mengedit, dan menghapus posting yang diterbitkan dan draf. Jika Anda memiliki izin admin atau penulis ke beberapa blog, Anda dapat beralih antar blog.

Dengan aplikasi seluler, Anda dapat:

  1. Membuat dan publikasikan postingan baru
  2. Menyimpan postingan sebagai draf untuk diselesaikan nanti
  3. Membagikan tautan ke pos Anda menggunakan Android Share
  4. Membuka blog atau posting di browser
  5. Beralih antara akun dan blog
  6. Mengunjungi Pusat Bantuan Blogger
  7. Mengirim umpan balik dalam aplikasi

Ketika Anda ingin memulai blog menggunakan ponsel Anda, maka Anda membutuhkan beberapa aplikasi untuk mendukung pekerjaan Anda. Aplikasi yang Anda butuhkan antara lain:

1. Platform Blogging: WordPress atau Blogger

Sebelum Anda dapat memulai blogging, Anda harus memilih platform untuk mempublikasikan situs Anda. Ada beberapa pilihan website gratis, seperti WordPress dan Blogger yang sangat populer. Kedua platform tersebut memberikan layanan kepada penggunanya untuk menulis, mengedit dan mempublikasikan blog Anda walaupun Anda tidak sedang membuka komputer, karena aplikasi tersebut dapat Anda donwoald pada ponsel Anda.

Perbedaan utama antara Blogger dan WordPress adalah Blogger sedikit lebih sederhana untuk dikonfigurasi dan digunakan, WordPress lebih mudah untuk disesuaikan dan pada akhirnya beralih ke situs yang di hosting sendiri ketika Anda melampaui batas penawaran gratis mereka. Apa pun yang Anda pilih, ada aplikasi resmi yang tersedia untuk platform seluler utama.

2. Editor Teks: Google Dokumen

Meskipun Anda pasti dapat menulis posting teks Anda dalam aplikasi blogging Anda, namun Anda juga mempunyai peluang untuk kehilangan hasil kerja Anda. Anda dapat menulis semua posting Anda di Google Documents sehingga konten Anda akan selalu dicadangkan dan tersedia dengan mudah di semua platform Anda yang lain.

3. Editor Foto

Gambar yang indah dan menarik sangat diperlukan untuk membuat blog yang sukses. Beberapa tahun yang lalu, hampir tidak mungkin untuk mengedit gambar dengan benar dari ponsel Anda, tetapi dengan munculnya aplikasi pengeditan foto baru-baru ini dari pengembang terkenal seperti Autodesk, ini sekarang menjadi kemungkinan nyata.

4. Analisis Lalu Lintas: Google Analytics

Google Analytics merupakan suatu alat penting untuk mengetahui tentang tentang kebiasaan dan aktivitas pembaca saat berada di situs Anda, sehingga Anda dapat mempersiapkan konten blog Anda yang sesuai dengan minat pembaca Anda. Namun saat Anda menggunakan Google Analytics, ada beberapa konfigurasi backend yang harus dilakukan di blog Anda. Namun, baik WordPress maupun Blogger membuatnya sangat mudah untuk digunakan.  Untuk selebihnya, kunjungi website Campus Digital.

Hubungi Kami