Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #seo #jenisseo #marketplace

Kelebihan Blogspot Sebagai Platfrom Blogging

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

[caption id="attachment_4638" align="alignnone" width="300"] Kelebihan Blogspot[/caption]

Blogspot merupakan platform blogging yang dikelola oleh Google dan memiliki banyak kelebihan. Blogspot juga merupakan pilihan ideal bagi blogger pemula dan yang tidak bisa atau tidak mau membayar hosting blog. Dalam artikel ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurang Blogspot yang akan sangat membantu blogger pemula yang ingin memahami dasar-dasar blogging.

Banyak blogger pemula memilih Blogspot karena mudah untuk dioperasikan. Blogging adalah cara paling cerdas untuk mempromosikan diri dan mengembangkan bisnis. Selain itu, jika Anda ingin berkarir sebagai blogger, Blogspot memberikan layanan melalui GoogleAdsense.

Baca juga mengenai : Dasar-Dasar SEO yang Penting Diketahui Para Pemula!

Kelebihan Blogspot

Ruang Hosting Gratis Tanpa Batas

Blogger menawarkan ruang hosting tak terbatas dan gratis untuk blog Anda. Jika Anda memeriksa harga ruang hosting tanpa batas, Anda akan melihat berapa biayanya. Jika Anda baru dalam blogging dan ingin memulai blogging tanpa menginvestasikan cukup uang maka Anda harus memilih Blogger.

Blogger dengan Bahasa Pemrograman Python

Blogger merupakan platfrom yang dikelola oleh Google dan memiliki bahasa pemrograman Python. Mungkin Anda tahu Python lebih fleksibel dan skalabilitas daripada PHP, .NET dll, sehingga Blogspot memiliki masa depan cerah dan memiliki stabilitas jangka panjang. Selain itu biaya hosting menggunakan Python di Web mahal dan Blogger menawarkannya kepada pengguna secara gratis. Bisakah kita membayangkan keuntungan dari nilai-nilai ini yang akan didapatkan ?

Platform Aman 

Google mengendalikan Blogspot dengan sepenuhnya, sehingga para penggunanya tidak perlu khawatir tentang keamanan, server, konten, cadangan, dll.

AdSense Blogspot

Untuk menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di blog, Blogger menawarkan Google AdSense. Anda dapat dengan mudah mengajukan permohonan Google AdSense dari Blogger → Penghasilan.

Domain Khusus

Secara default Blogger menawarkan sub-domain gratis yaitu .blogspot.com dengan ruang hosting dan sistem manajemen konten. Jika Anda ingin menghapus sub-domain dan menambahkan domain khusus, Anda dapat melakukannya dengan membeli nama domain khusus dan Anda dapat menambahkan domain khusus dengan manual.

Tema

Blogger menawarkan banyak tema default profesional secara gratis untuk dipasang di blog Anda. Selain itu, Anda juga dapat membeli tema premium dari Themeforest dan sumber daya lainnya.

Search Engine Optimization (SEO)

Banyak cerita tentang SEO Blogspot yang mengatakan bahwa blog yang dihosting di Blogger kurang SEO Friendly. Namun konsep ini sepenuhnya tidak terbukti, karena Blogspot dikelola oleh Google dimana mekanismenya hampir sama dengan Google Search yaitu mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Salah satu program Google bekerja dengan cara seperti itu, akankah Google membangun platform Blogspot menjadi kurang ramah terhadap SEO ? Sungguh tidak masuk akal

Dukungan dan Bantuan

Jika Anda menghadapi masalah, masalah tentang Blogger, Anda bisa mendapatkan bantuan dari dukungan Blogger, di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secepat mungkin. Kemudian lebih banyak lagi, Jika Anda mencari di Google, Anda akan mendapatkan banyak hasil tentang masalah Anda untuk dipecahkan.

Kekurangan Blogspot

Portabilitas

Meskipun Anda dapat membuat cadangan konten blogger (posting dan komentar) dan mengunggah ke blog blogger lain, tetapi Anda tidak dapat bermigrasi ke platform blog lain dengan mudah.

Kebebasan Kontrol

Anda dapat mengontrol dasar-dasar blog seperti menghapus, mengedit, menerbitkan blog, memposting, halaman, komentar. Akan tetapi jika Anda melanggar aturan apa pun dari kebijakan konten Blogger, Blogger berhak menghapus blog Anda tanpa pemberitahuan. Jadi jangan melanggar kebijakan konten.

Plugin

Jika Anda ingin memasang plugin SEO di Blog Anda, itu tidak mungkin. Keterbatasan utama Blogspot adalah menginstal Plugin seperti Wordpress.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Blogspot, Saya mengharapkan Anda menjadi yakin dan memahami dasar-dasar blogging untuk memulai menjadi blogger. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang Blogspot dan salah satu kelebihannya yaitu SEO, Anda dapat mengunjungi website Campus Digital.

 

Hubungi Kami