Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#belajar seo

Ketahui Cara Kerja SEO!

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kalian yang sudah sering mendengar istilah SEO, penasaran tidak sih bagaimana cara kerja SEO? Artikel ini akan menjawab keingintahuan tersebut. Simak penjelasannya, ya.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization (SEO) ialah upaya optimasi dalam membangun sebuah konten, agar mesin pencari bisa mudah menemukan konten yang telah kita buat. Kemudahan dalam menemukan konten ini akan memperbesar peluang para pengunjung atau target pembaca untuk mengunjungi konten kita.

Manfaat SEO

SEO akan memberikan dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampak tersebut tergantung dari tujuan website itu sendiri. Misalnya, optimasi SEO pada website online shop bisa memberikan dampak berupa peningkatan pengunjung dan peningkatan penjualan.

Masih banyak manfaat lain dari SEO. Berikut keuntungannya.

  • Memperoleh pengunjung sesuai target kata kunci yang tepat.
  • Secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan sebagai publisher
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  • Website dapat semakin maju dan berkembang
  • Secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan produk

Baca Juga: Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19

Cara Kerja SEO

Setelah mengetahui manfaatnya, selanjutnya mari kita simak cara kerja SEO.

Crawling

Perayapan atau crawling ialah suatu proses pengambilan seluruh informasi atau data yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

Indexing

Setelah crawling, proses berikutnya adalah indexing atau pembuatan index untuk semua informasi yang telah tersimpan ke dalam database mesin pencari. Mudahnya, indexing adalah mengidentifikasi kata-kata, tulisan, atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan keyword tertentu.

Processing

Ketika kita melakukan pencarian suatu kata kunci pada search engine, maka pada saat itu juga mesin pencari akan melakukan processing. Mesin pencari akan membandingkan kata kunci tersebut ke dalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

Calculating Relevancy

Proses ini artinya adalah menghitung kesesuaian dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima. Proses ini penting sebab dalam sebuah halaman web tentunya mempunyai kata kunci yang jumlahnya lebih dari yang telah terinput ke dalam database.

Retrieving Result

Proses terakhir adalah retrieving result atau mengambil kata kunci yang paling relevan kemudian menampilkannya ke hasil pencarian.

Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google selalu melakukan update terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi ini Hal ini dilakukan agar hasil pencarian benar-benar menampilkan hasil yang relevan dengan kata kunci.

 bisa lihat juga di website Campusdigital



Hubungi Kami