Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #marketing

Konsep Dasar Online Marketing (Pemasaran Online)

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Konsep Dasar Online Marketing

Di era sekarang ini kreatifitas memang sangat di butuhkan untuk mengembangkan bisnis. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan strategi online marketing melalui internet.

Bagi sebagian besar orang tentunya sudah familiar dengan salah satu jenis pemasaran online yang satu ini. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan artikel di bawah ini!

Apa itu Online Marketing?

Online marketing atau pemasaran online merupakan sebuah strategi digital marketing yang menggunakan saluran internet untuk menyebarkan informasi, mengenalkan, dan mempromosikan produk dan jasa. Jenis media yang biasanya di gunakan dalam online marketing biasanya melalui media sosial, email, periklanan elektronik, optimasi mesin pencari google, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari strategi pemasaran online adalah untuk dapat menjangkau calon konsumen melalui saluran yang mana bisa di akses oleh mereka kapanpun dan di manapun saat mereka ingin menghabiskan waktu untuk membaca, mencari berbelanja dan berkomunikasi secara online.

Manfaat Online Marketing

Banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari pemasaran online. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengukur dampak dari saluran yang di berikan dan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan saluran media tersebut. Selain itu kamu dapat menghemat waktu dan biaya saat mempromosikan produk atau layanan sehingga lebih efektif dan efisien.

Tools dari Online Marketing

Ada beberapa tools atau alat yang dapat di gunakan untuk membangun dan mengembangkan online marketing, antara lain:

- Email marketing

- SEO (Search Engine Optimized)

- SMM (Social Media Marketing)

- SEM (Search Engine Marketing)

- Advertising

- Customer Relationship Management

- Sistem Manajemen Konten

- Dan masih banyak lagi

Bagaimana Memulai Online Marketing?

Untuk kami yang baru terjun ke dunia bisnis online, langkah awal yang harus di lakukan adalah menentukan tujuan bisnis milikmu, melakukan segmentasi target pasar dan memilih media apa yang tepat sesuai dengan ide bisnis milikmu.

Setelah itu kamu perlu membuat website ataupun e-commerce untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Di sini kamu bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, YouTube dan lainnya untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat.

Demikian penjelasan artikel di atas mengenai pemasaran online. Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam, kamu bisa bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami