Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #seo #tips&trik

Manfaat Blog Dalam Bidang Pendidikan

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

] Manfaat Blog[/caption]

Saat ini blog sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dalam dunia pendidikan, blog merupakan salah satu sumber belajar yang sering digunakan oleh siswa dan guru untuk memperluas wawasan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, blog menjadi begitu populer karena teknologi dan informasi yang diberikan dapat digunakan oleh masyarakat.

Saat ini, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat setiap tahunnya memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai macam informasi terutama yang ada di dalam sebuah blog. Secara umum, blog pendidikan berisi informasi pendidikan, materi pembelajaran, diskusi tentang pengetahuan umum dan informasi lainnya yang berkaitan dengan pendidikan.

Selain itu, blog juga dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah, khususnya pada pembelajaran berbasis online yang diterapkan saat ini. Lalu bagaimana tips menggunakan blog untuk mendukung proses pembelajaran secara online? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengetahui apa itu blog ? Blog adalah sebuah platfrom yang postingannya berupa tulisan dan biasanya dapat menambahkan gambar, video dan link yang akan terhubung dengan website lain. Penulis blog disebut sebagai blogger.

Baca juga mengenai : 5 Manfaat Blogging Untuk Bisnis Anda

Berikut adalah manfaat blog dalam dunia pendidikan

1. Menjadi Sarana Berbagi Informasi

Teknologi saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan sehingga ilmu pengetahuan dan informasi tidak hanya berasal dari buku, tetapi juga dapat berasal dari online melalui blog, e-book yang memberikan informasi dan pengetahuan yang Anda butuhkan. Selain itu, jika Anda memiliki informasi yang menurut Anda penting untuk disebarluaskan dan bermanfaat bagi banyak orang, Anda dapat membagikannya melalui blog Anda.

2. Menjadi Sarana Berbagi Informasi dan Pengalaman

Secara umum blog pendidikan akan memberikan informasi tentang ilmu pengetahuan. Namun, Anda juga dapat membagikan beberapa pengalaman Anda yang dapat menginspirasi banyak orang. Dalam blogging, Anda bebas menulis apa pun yang Anda inginkan.

3. Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Dengan blog, guru dapat memposting materi pembelajaran secara lengkap namun efisien dan siswa dapat mengaksesnya dengan mudah. Setelah itu siswa dapat memberikan komentar atau pertanyaan yang dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan menggunakan kolom komentar.

4. Meringankan Tugas Siswa

Blog membantu guru untuk memberikan materi sekaligus tugas. Dengan blog, guru dapat menggunakan blog sebagai tempat menyimpan materi pembelajaran dan memberikan tugas sekolah dengan mudah, sedangkan siswa dapat lebih mudah mendownload materi dan tugas dan juga mengaksesnya tanpa batasan waktu tertentu.

 bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami