Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Manfaat Product Branding Untuk Bisnis

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Product branding yaitu penerapan prinsip-prinsip strategi branding untuk sebuah produk atau layanan yang sebuah perusahaan sediakan. Branding bisa di lakukan dengan cara mengaitkan nama, istilah, simbol, logo, deskripsi, kemasan, atau desain. Lantas, apa manfaat dari product branding untuk bisnis? Yuk simak artikel ini untuk tahu jawabannya

Baca Juga : Apa Itu Product Branding? Pentingnya Untuk Bisnis

Manfaat Product Branding

Berikut ini beberapa manfaat yang di dapatkan bila Anda menggunakan strategi product branding untuk bisnis Anda.

Membantu Merek Mendapatkan Posisi pada Segmentasi Pasar

Dalam strategi branding, Anda perlu mempromosikan merek secara eksklusif. Sebab merek mampu memperoleh posisi yang berbeda di benak konsumen. Sehingga, merek mewakili produk yang pasar pahami dengan jelas dan terinternalisasikan.

Sebagai Diferensiasi Merek dan Produk

Tujuan branding yaitu membedakan satu merek dengan merek lain. Dalam hal ini, branding mampu membedakan produk Anda dengan produk lain dan meningkatkan kesadaran merek terhadap konsumen.

Mampu Bersaing di Pasar

Branding yang kuat mampu membuat bisnis dan produk Anda dapat bersaing dengan lebih kompetitif di pasar. Identitas produk yang kuat juga mampu mencegah perusahaan lain untuk memasuki ceruk pasar Anda.

Membentuk strategi branding dengan baik mampu menghalangi perusahaan lain untuk masuk, terutama bila konsumen Anda memiliki ketertarikan yang kuat terhadap produk Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki produk body lotion yang sangat terkenal dan sudah tertanam kuat di ingatan konsumen, mereka akan cenderung terbiasa dengan merek Anda tanpa memikirkan merek lain.

Bahkan, lebih ekstremnya lagi, ketika mereka akan membeli produk body lotion, maka mereka akan menyebut produk tersebut dengan merek Anda. Tahap ini, brand Anda telah menjadi top of mind dari jenis produk tersebut.

Hal-hal tersebut yang akan membangun penghalang sangat tinggi bagi merek lain untuk masuk dan mengambil konsumen yang telah menjadi pelanggan loyal Anda.

Konsumen Mudah Mengenali Merek dan Produkmu

Tujuan utama branding yaitu membuat produk tersebut menonjol di pasar.

Dengan begitu, konsumen akan lebih mengenali produk yang Anda jual dan memiliki alasan kuat untuk melakukan pembelian. Jadi, makin mudah konsumen mengenali produk Anda, maka makin banyak pula keuntungan yang akan Anda peroleh.

Meningkatkan Penjualan

Melakukan branding dengan baik mampu menciptakan kesadaran merek yang baik pula. Kesadaran merek memiliki peran penting dalam preferensi konsumen. Dalam hal ini, konsumen jelas akan lebih memilih membeli produk yang sudah di kenali sebelumnya daripada produk yang masih asing bagi mereka.

Ketika Anda berhasil menciptakan identitas produk yang menarik, unik, dan kuat, maka penjualan produk Anda tentu akan meningkat dengan signifikan. Yuk belajar lebih jauh tentang branding di Campus Digital dan dapatkan benefit menariknya.

Hubungi Kami