Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Manfaat Riset Kompetitor Terhadap Bisnis Anda

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Ada nasehat bisnis yang baik bagi para pelaku bisnis bahwa jangan terpaku pada kompetitor namun fokuslah kepada kebutuhan konsumen agar bisa memenuhi kebutuhan mereka. Well, itu benar sih meskipun tidak 100% benar. Bagaimanapun kita tidak boleh mengabaikan kompetitor bisnis kita. Melalui riset kompetitor kita bisa mengetahui celah-celah bisnis yang bisa kita masuki. Selain itu ada beberapa manfaat melakukan riset kompetitor antara lain :

1. Mengetahui brand positioning kita

Bagaimanapun brand positioning dibutuhkan oleh para pelaku bisnis untuk mengetahui posisi merk kita dimata para pelanggan. Brand positioning sendiri menurut Kotler adalah tindakan merancang (designing) penawaran dan citra perusahaan (company offering and image) untuk menempati tempat khusus di benak target pasar. Untuk mengetahui brand positioning kita tentu saja membutuhkan kompetitor kita sebagai pembanding. Dimata pelanggan dengan membandingkan kompetitor kita sehingga bisa membuat strategi bagaimana merebut atau mempertahankan brand positioning kita. Tanpa riset kompetitor jelas kita tidak mengetahui brand positioning kita di pasar.

Baca juga Apa Itu Aktivitas Bisnis? Berikut Penjelasannya

2. Mengetahui kelemahan kita

Gajah didepan mata tidak terlihat namun semut diujung jalan justru akan terlihat dengan jelas. Agaknya peribahasa tersebut cocok digunakan untuk mengetahui kelemahan dari produk kita, acapkali kita kesulitan melihat kelemahan dan cenderung mengatakan bahwa produk yang sudah kita buat merupakan terbaik di pasaran. Namun, nyatanya tidak ada yang namanya produk sempurna, hanya saja kita abai terhadapnya. Dengan melakukan riset terhadap kompetitor kita jadi mengetahui apa kelebihan mereka, dan sekalian mengetahui celah celah kelemahan dari produk kita sendiri. Semakin cepat mengetahui semakin baik sehingga kita bisa memperbaiki dan berinovasi agar produk yang dibuat semakin baik dan bisa diterima di masyarakat.

3. Dengan riset kompetitor kita juga bisa memprediksi apa yang akan menjadi trend di masa mendatang

Namanya bisnis adalah mengikuti perkembangan jaman atau bisa dikatakan sebagai trend pasar dimasa mendatang. Melihat trend bisa diperhatikan dengan pola-pola yang terjadi utamanya di media sosial yang menjadi sarana nbesar dalam melihat trend pasar. Perhatikanlah kompetitor anda, dan analisa apa yang menjadi trend dari interaksi, postingan, promo dari para kompetitor anda. sehingga anda bisa mengikuti pasar dengan tepat sesuai dengan trend yang terjadi.

4. Kompetitor bisa juga menjadi referensi strategi pemasaran

Banyak sumber preferensi pemasaran yang bisa anda ikuti atau minimal amati,tiru, dan modifikasi pemasaran tersebut. Tentu saja menyesuaikan dengan target pasar dari bisnis anda. Nah, sekali lagi perhatikanlah strategi pemasaran kompetitor anda apa yang membedakan dan bisa dimodifikasi untuk memasarkan produk anda. dan Dan hal ini bukanlah tabu di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.Yuk kunjungi artikel dan daftar di Campus Digital

Hubungi Kami