Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Manfaat Studi Kelayakan Bisniss

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Studi kelayakan bisnis juga merupakan salah satu langkah awal dalam memulai suatu bisnis. Study kelayakan bisnis sendiri adalah riset yang mempelajari secara mendalam terhadap suatu usaha ataupun bisnis untuk menentukan apakah bisnis tersebut layak atau tidak untuk dijalankan. Studi kelayakan menganalisis seberapa berhasil sebuah proyek untuk dijalankan, dengan memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi seperti faktor ekonomi, teknologi, hukum dan penjadwalan. Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat melakukan studi kelayakan bisnis, antara lain:

Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu tidak akan terlepas dari mengambil sebuah keputusan dalam bisnis tersebut. Dengan melakukan stuy kelayakan bisnis yang mendalam, anda bis amengetahui besaran dana yang nantinya akan dibutuhkan. Pengalokasian dari modal sendiri yang dimiliki, sampai merencanakan pendanaan dari kreditor dan investor. Selain itu juga, anda bisa menentukan apakah akan tetap melanjutkan untuk menjalankan bisnis tersebut, atau berhenti dan mengganti dengan bisnis lain yang layak untuk dijalankan.

Baca juga Apa Itu Aktivitas Bisnis? Berikut Penjelasannya

Bagi para investor bisa dijadikan bahan untuk menentukan apakah bisnis tersebut layak untuk ditanamkan modal atau tidak

Para investor tidak akan menanamkan modalnya ke suatu bisnis dengan cuma-cuma. Namanya juga menanamkan modal, tentu tujuan yang ingin didapatkan adalah mendapatkan profit dari bisnis yang akan dia berikan modal investasi. Hal pertama yang akan mereka lakukan adalah mempelajari laporan study kelayakan bisnis yang sudah dibuat, setelah mereka melihat dan mempelajari dan menyimpulkan bahwa bisnis tersbut layak dan akan menghasilkan profit maka mereka akan menanamkan modal ke dalam bisnis anda.

Sebagai bahan pertimbangan para kreditur untuk memberikan pinjaman ataupun tidak

Dalam memulai suatu bisnis tidak bisa dipungkiri bahwa kita membutuhkan modal pinjaman dari kreditur. Dan kreditur pun ketika akan memberikan pinjaman maka mereka akan menganalinasa dari agunan yang diberikan serta bonafid dari bisnis yang akan anda jalankan. Maka mereka pun perlu mempelajari juga terkait studi kelayakan dari bisnis yang akan anda jalankan

Bagi masyarakat bisa melihat apakah bisnis tersebut memberikan kebermanfaatan atau malah merusak/menggangu lingkungan masyarakat sendiri

Bisnis tidak hanya melulu terkait dengan profit yang dapat dihasilkan untuk perusahaan. namun juga dampak yang akan ditimbulkan kepada lingkungan masyarakat dari lokasi bisnis yang akan anda jalan. Studi kelayakan disin mengacu kepada apakah bisnis anda mengganggu masyarakat, baik ketertiban maupun kenyamanan? Atau merusak lingkungan masyarakat..

Sebagai aspek penilaian memberikan legalitas izin usaha

Studi kelayakan bisnis digunakan oleh pemerintah untuk mengkaji lebih dalam apakah bisnis yang akan anda jalankan layak untuk diberikan izin usaha ataupun tidak. Selain itu juga sebagai pertimbangan apakah bisnis yang kamu jalani perlu dibantu pemerintah lewat program-programnya maupun tidak.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

 

Hubungi Kami