Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#digital marketing # Memahami SEO dan SEM dalam Digital Marketing # perbedaan SEO dan SEM

Memahami SEO dan SEM Dalam Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas


Dalam Digital marketing memahami SEO dan SEM sangatlah penting, terlebih jika kamu pemula dalam dunia digital marketing. SEO dan SEM dalam digital marketing sama-sama digunakan untuk meningkatkan traffic dalam promosi dan pemasaran penjualan 

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu strategi marketing yang digunakan untuk mengoptimalkan website. SEO berfungsi untuk meningkatkan traffic organic website melalui posisi yang tinggi di search engine result pages.

Salah satu indikator utama dalam keberhasilan SEO yaitu semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi juga pengunjung yang mengunjungi website atau blog tersebut.

Dalam SEO terdapat beberapa komponen penting yaitu technical SEO, on-site SEO dan off-site SEO.

Technical SEO 

Technical SEO merupakan proses mengoptimalkan website yang kamu miliki untuk tahap crawling dan pengindeksan. Dengan Technical SEO, kamu dapat memastikan bahwa mesin pencari dapat merayapi dan mengindeks website milikmu tanpa ada nya masalah.

On-site SEO

On-site SEO merupakan komponen penting dalam SEO. Bisa diterapkan disetiap halaman dan konten website sehingga dapat untuk mengoptimalkan kata kunci atau keyword yang telah ditargetkan.

Off-site SEO

Off-site SEO ini mengacu pada proses untuk mendapatkan referensi atau backlink dari website lainnya. Tujuan utama nya untuk meningkatkan kepercayaan konten atau website kamu di mesin pencarian. Dengan adanya referensi terpercaya, maka peringkat juga akan tinggi. 

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi marketing untuk menaikan website ke peringkat atas di hasil pencarian dan untuk meningkatkan jangkauan perusahaan dengan cara berbayar. SEM menggunakan Google Ads untuk menawarkan atau mengiklankan produk dan jasa. SEM sering digunakan dalam e-commerce ataupun online shop

Melalui Google Ads, pemilik website bisa membuat iklan yang akan muncul di hasil pencarian Google dan pemilik website hanya membayar untuk klik pada iklan atau pay per click . Google Ads juga bisa meningkatkan visibilitas website ke peringkat teratas dengan mudah.

Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan utama antara SEO dan SEM yaitu bahwa SEO merupakan salah satu komponen Search Engine Marketing. SEM terdiri atas komponen pencarian berbayar seperti Pay Per Click (PPC) dan juga Social Media Marketing (SMM). SEM merupakan bagaimana cara mendapatkan traffic melalui iklan berbayar. Sementara SEO adalah jenis pemasaran yang lebih fokus kepada memantau, mendapatkan, dan menganalisis pola traffic organic yang tidak berbayar. Pelajari lebih lanjut DI SINI yuk.

Hubungi Kami