Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Membuat Deskripsi Produk Menarik Konsumen

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Cara membuat deskripsi produk yang menarik konsumen yaitu dengan memakai gaya bahasa layaknya sedang berkomunikasi dengan pembeli secara langsung.

Namun ternyata terdapat banyak cara lain yang di nilai lebih ampuh untuk memikat pembeli.

Meskipun terkesan remeh, rupanya masalah deskripsi produk tidak dapat kita anggap sepele.

Karena dengan membuat deskripsi tentang manfaat dan nilai jual produk yang benar, maka dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Baca juga artikel : Cara Menjadi Marketing Handal untuk Pemula

Deskripsi Produk merupakan sebuah paragraf atau kumpulan kalimat informatif yang berisi penjelasan mengenai produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan.

Manfaat adanya deskripsi ini yaitu membantu para calon pembeli mengenali produk atau layanan yang kamu jual secara spesifik.

Singkatnya, pada saat pembeli membaca bagian deskripsi tersebut, harapannya mereka akan tertarik dan lanjut melakukan pemesanan.

Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik Perhatian Konsumen

1. Pahami Karakter Konsumen

Dalam dunia affiliate marketing, memahami jenis dan karakter konsumen serta calon pembeli merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan.

Kamu riset dan pelajari apa yang mereka butuhkan, keluhannya, dan tawarkan solusi lewat produk atau brand yang sedang kamu jual.

Setiap konsumen memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya. Pandai-pandailah kamu melayani mereka sesuai dengan karakter dan sifatnya.

Dengan begitu, akan timbul keinginan secara emosional dari mereka untuk menanyakan lebih dalam soal produk atau layanan yang kamu jual.

Syukur syukur bisa closing langsung. Yuhuu!

2. Fokus pada Fungsi dan Manfaat Produk

Apabila cara pertama telah kamu lakukan, mulailah fokus untuk memberikan informasi yang berisi fungsi dan manfaat produk atau layanan kepada konsumen.

Fitur dan manfaat merupakan hal yang berbeda. Fitur berisi tentang seluruh hal yang dapat ditemukan pada produk, sedangkan manfaat dan fungsi produk merupakan rasa puas yang mereka dapatkan usai memilih menggunakan produk tersebut.

3. Tambahkan Sentuhan yang Emosional

Cara membuat deskripsi produk yang menarik lainnya yaitu menggunakan bahasa yang tidak terlalu kaku atau lempeng ketika dibaca.

Kebanyakan orang membuat deskripsi produk hanya terbatas pada manfaat, spesifikasi, material, dan sebagainya tanpa adanya sentuhan emosional sama sekali.

4. Buatlah Bahasa yang Natural & Efektif

Berikut beberapa cara membuat bahasa yang natural dan efektif:

Pertama, banyaklah membaca. Kedua, sering-seringlah mendengar. Ketiga, mulailah menulis.

Perhatikan intonasi kalimat melalui pemilihan kosakata, tanda baca yang di gunakan, dan struktur tulisan.

Gunakan nada bicara yang tidak terlalu cepat atau pelan, sehingga terasa efektif.

Sebisa mungkin juga, hindari menggunakan kosakata yang terlalu tinggi sehingga susah untuk konsumen pahami.

Terakhir, tambahkan kalimat-kalimat persuasif atau bernada ajakan agar mereka ingin mencoba dan membeli produk yang kamu tawarkan.

5. Gunakan Kosakata yang Lebih Variatif

Tidak mengulang kalimat yang sama secara terus-menerus, tidak menggunakan diksi yang sama dalam satu paragraf, dan tambahkan sejumlah idiom masa kini.

Dengan menggunakan kosakata yang bervariasi juga dapat membentuk branding tersendiri karena deskripsi tersebut kemungkinan akan di ingat oleh konsumen.

Itu dia beberapa tips untuk mebuat deskripsi menarik perhatian konsumen yang dapat kamu lakukan. Yuk peroleh tips-tips menarik lainnya mengenai pemasaran digital disini.

Hubungi Kami