Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Mengenal Chatbot dan Manfaatnya dalam Bisnis

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Seiring dengan perkembangan tekonologi yang semakin pesat, pengaplikasikannya terhadap kehidupan sehari-hari pun semakin kerasa. Salah satunya yakni chatbot, anda sendiri pernah dengar kata chatbot? Chatbot sendiri merupakan layanan percakapan dengan menggunakan teknologi Artificial Inteligent (AI) atau kecerdasan manusia yang meniru percakapan manusia baik melalui pesan teks, suara, maupun keduanya.

Chatbot dengan menggunakan teknologi AI menggeser peran manusia sebagai customer service dalam suatu perusahaan. Tidak hanya sebatas sebagai layanan interaksi perusahaan dengan konsumen, namun bisa sampai merambah untuk dapat menjangkau ceruk pelanggan yang lebih luas. Banyak perusahaan besar dan startup yang mulai mengembangkan chatbot sebagai salah satu lini bisnis mereka. Lalu apa saja manfaat chatbot dalam dunia bisnis?

Efisiensi biaya

tujuan setiap perusahaan menerapkan teknologi dalam bisnisnya salah satunya adalah bentuk efisiensi biaya. dengan menggunakan chatbot perusahaan bisa melakukan efisiensi biaya yang dikeluarkan untuk menggaji customer service dan menggantinya dengan chatbot. chatbot memiliki kemampuan untuk menghandle percakapan bahkan lebih dari 500 pelanggan dalam satu waktu yang sama. kemampuan ini yang tidak bisa dimiliki oleh customer service manapun. memang untuk membuat chatbot membutuhkan biaya yang besar,namun hasil dari chatbot yang efektif dan efisien membuat biaya menjadi lebih kecil dibandingkan menggunakan manusia.

Jangkauan pelanggan yang lebih luas

satu chatbot mampu menghandle lebih dari 500 konsumen sekaligus dalam satu waktu bersamaan. bandingkan dengan manusia yang cuma bisa handle satu konsumen saja dalam satu waktu, hal ini membuat jangkauan dari chatbot jauh lebih luas. selain itu banyak perusahaan yang memanfaatkan chatbot untuk menjangkau ceruk pelanggan yang lebih luas.

Memberikan rekomendasi produk ataupun layanan

Dengan menggunakan teknologi artificial intelligent chatbot mampu menganalisa secara tepat apa yang menjadi kebutuhan dari para konsumennya. Selain itu perusahaan bisa mendapat insight mengenai konsumen mereka. insight yang diberikan oleh chatbot ini memberikan gambaran kebutuhan konsumen lebih baik dari surveyor. bahkan semakin sering digunakan, semakin pintar pula chatbot dalam melayani konsumennya. hal ini tentu saja membuat mereka bisa merekomendasikan apa yang konsumen butuhkan dan cari selama ini. Hal ini akan berefek kepada hubungan dengan konsumen menjadi lebih dekat, hal ini karena semakin personalisasi hubungan antara konsumen dengan perusahaan lewat chatbot ini.

Kinerja 24 jam nonstop

Kebutuhan konsumen bisa terjadi kapan saja dan tidak mengenal jam. Hal ini menuntut perusahaan untuk memberikan layanan 24 jam nonstop. Dan ini tidak bisa dilakukan oleh manusia, bagaimanapun manusia membutuhkan istirahat dan kerja sewajarnya. Maka peran tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan chatbot. Sebagai robot, chatbot tidak mengenal istilah libur atau istirahat dan mereka bisa digunakan 24 jam untuk melayani pelanggan.

Kunjungi Campus Digital untuk informasi lainnya.

Hubungi Kami