Bintang Permata Alam

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #onlineshop

Mengenal Istilah Online. Shop, Sang ‘Raja Baru’ di Dunia Bisnis

2 tahun yang lalu - By Bintang Permata Alam

Mengenal Istilah Online. Shop, Sang ‘Raja Baru’ di Dunia Bisnis 

Jika mau menghitung, mungkin jumlah online shop di Indonesia sudah tak terhingga. Online shop sekarang menjadi pilihan utama banyak orang untuk memulai bisnis baru, bahkan dari semua kalangan. Katakan saja dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga dan masih banyak lagi, memilih membuka online shop sebagai sumber penghasilan sehari-hari. Dalam beberapa kasus, mungkin keberadaan online shop awalnya hanya sebagai bisnis sampingan untuk sekedar mengisi waktu luang. Singkatnya, daripada diam tidak ngapa-ngapain, mending mengenal bisnis online bisa dapat duit, tidak perlu ribet dan modal banyak. Itulah salah satu alasan utama mengapa beberapa orang memilih membuka online shop mereka sendiri.

Namun, terlepas dari keisengan tersebut, rupanya banyak juga beberapa orang yang kebutuhan hidup sehari-harinya mengandalkan hasil berjualan online sepenuhnya. Sederhananya, bisnis online shop menjadi pekerjaan utama setiap hari. Tidak salah juga, sebab sekarang ini banyak sekali online shop yang berkembang besar dengan penghasilan yang luar biasa fantastis tiap bulannya. Melihat fenomena online shop yang makin marak di negara ini, sebenarnya apa saja sih barang atau jenis produk yang biasanya ada di sana?

Untuk beberapa dari kalian yang mungkin masih awam, bisa baca ulasannya berikut untuk mengenal online shop di Indonesia lebih jauh.

Jenis Produk Jualan Online di Indonesia

Umumnya, online shop di Indonesia terbagi menjadi dua. Pertama, online shop yang hanya menjual satu produk tertentu, kedua yang menjual lebih dari dua jenis produk. Bagi mereka yang mengenal online shop lebih lama, pasti tahu akan hal ini. Produk jualan pada dasarnya bergantung pada masing-masing pemilik online shop. Mari kita ambil contoh dari online shop yang menjual kerudung, mereka akan menjual item lain juga seperti bros, pakaian gamis, tas, dan beberapa aksesoris perempuan lainnya. Berbicara tentang jenis produk, secara umum ada banyak skali jenis produk yang penjual tawarkan di online shop. Mulai dari jenis pakaian, kebutuhan memasak, barang elektronik, keperluan sekolah, hingga yang baru-baru ini adalah alat-alat kesehatan. Namun umumnya, produk jenis pakaian menjadi sangat mendominasi online shop di Indonesia. Selain karena bisa bergantung pada supplier, dalam arti tidak ikut dalam produksi dan sebagainya, juga karena peminatnya sangat besar.

Baca juga Mengenal Bisnis Dropship, Tren Bisnis Online Masa Kini

Cara Pemasaran Produk Online shop di Indonesia

Sesuai dengan namanya, cara utama pemasaran di online shop adalah melalui online atau media digital. Penggunaan aplikasi penyedia layanan promosi seperti WhatsApp, Telegram, Instagram, Facebook, hingga yang banyak diminati akhir-akhir ini, TikTok, sangat dimanfaatkan dengan baik dalam rangka pengembangan bisnis. Hal ini membuat para pemilik online shop harus melek teknologi agar tidak ketinggalan dari kompetitornya yang lain. Singkatnya, selain itu kepentingan promosi produk, penggunaan media sosial yang maksimal juga mampu meningkatkan daya saing dengan toko online lain.

Jika ingin mengenal lebih tentang online shop kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami