Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Mengenal Mailing List untuk Bisnis

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Mengenal Mailing List untuk Bisnis

Mengenal Mailing List untuk Bisnis – Kegiatan pemasaran menjadi hal terpenting dalam berbisnis. Mailing list menjadi salah satu cara yang dapat mempermudah pebisnis untuk menyebarkan promosi produk atau jasa yang mereka tawarkan. Apa itu mailing list? Apa saja jenisnya? Yuk, simak artikel ini dengan baik!

Apa Itu Mailing List?

Mailing list yang terkenal dengan sebutan milis adalah layanan yang memungkinkan pemilik email mengirimkan pesan kepada banyak orang atau suatu kelompok tertentu di waktu yang bersamaan. Dalam bisnis, mailing list biasa pebisnis gunakan untuk mempromosikan produk dengan layanan hosting websitenya. Selain mempermudah penyebaran informasi, mailing list juga membantu kamu mempromosikan bisnis ke target audiens yang relevan.

Jenis Mailing List yang Wajib Kamu Ketahui

Ada beberapa jenis mailing list yang perlu kamu ketahui agar lebih mudah menyesuaikannya dengan bisnismu.

1.     Announcement Type List

Dengan mailing list berjenis announcement type list, kamu dapat melakukan komunikasi satu arah menginformasikan berbagai hal terkait penawaran kepada pelanggan. Namun, pelanggan tidak dapat memberikan balasan email yang sudah kamu kirimkan. Jenis mailing list ini biasanya perusahaan gunakan untuk menginformasikan launching produk baru, newsletter, atau diskon produk yang kamu tawarkan.

Baca juga Jenis Strategi Digital Marketing untuk Digital Marketer

2.     Response List

Mailing list jenis ini memberikan kamu kesempatan untuk berkomunikasi dua arah dengan target audiens atau konsumen. Namun, penerima email yang merupakan konsumen hanya bisa memberikan jawaban tertentu yang sudah perusahaan tentukan. Biasanya response list perusahaan gunakan saat mereka ingin melakukan survei produk baru. Kemudian, pilihan jawaban yang tersedia berupa “ya” atau “tidak” untuk melihat minat audiens.

3.     Discussion Type List

Jenis discussion type list, memungkinkan kamu sebagai pebisnis untuk melakukan komunikasi dua arah secara penuh dengan target audiens atau konsumen. Konsumen bisa membalas email kamu dengan jawaban yang bebas tanpa adanya opsi tersedia di dalam email tersebut layaknya komunikasi normal. Mailing list dengan jenis ini biasanya perusahaan gunakan untuk mempromosikan produk baru juga melakukan transaksi penjualan.

Kira-kira kamu mau pakai jenis mailing list mana untuk bisnismu? Announcement type list, response list, atau discussion list? Semuanya tentu bagus jika sesuai dengan bisnis kamu. Nah, buat kamu yang ingin mempelajari strategi digital marketing lainnya secara mendalam bisa bergabung dengan Campus Digital. Yuk, klik di sini untuk join member Campus Digital!

Hubungi Kami